Herlinda Raih Jaksa Penegak Keadilan Restoratif di Adhyaksa Awards 2024

  • 05 Juli 2024 21:05:57
  • Views: 2

Jakarta -

Penerima Adhyaksa Awards 2024 kategori Jaksa Penegak Keadilan Restoratif telah diumumkan. Herlinda yang menjabat sebagai Kasi Pidum Kejari Hulu Sungai Tengah menjadi penerima penghargaan ini.

Penganugerahan Adhyaksa Awards 2024 ini digelar di The Westin Jakarta, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2023). Hadir di acara ini Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin hingga Chairman of CT Corp Chairul Tanjung (CT), serta sederet tokoh penting di pemerintahan.

Penghargaan Adhyaksa Awards 2024 kepada Herlinda dibacakan oleh Dewan Pakar Adhyaksa Award 2024 yang juga Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak) 2015-2024 Barita Simanjuntak. Trofi untuk Herlinda diberikan oleh Jaksa Agung Muda bidang Pidana Umum (Jampidum) Asep Nana Mulyana.

Jaksa Penegak Keadilan Restoratif ialah penghargaan untuk sosok jaksa yang berhasil mengimplementasikan gagasan jaksa Agung tentang keadilan restoratif dengan baik dan tepat dalam menangani perkara hukum.

Adapun sepanjang tahun 2022 hingga 2023, Herlinda bersama jajaran Kejari Hulu Sungai Tengah berhasil melakukan Restorative Justice sebanyak 16 kasus. Tahun ini, sudah 6 kasus diselesaikan melalui mekanisme keadilan restoratif.

Selain itu, saat ini di wilayah Hulu Sungai Tengah sudah berdiri 167 Rumah Restorative Justice yang berdiri di atas kantor pembakal atau kepala desa maupun Kantor Kecamatan. Sementara hanya ada satu rumah restorative justice yang dibangun dengan mengeluarkan anggaran, yaitu sebuah pondokan di daerah wisata Pulau Mas.

Adhyaksa Awards adalah anugerah penghargaan bagi insan Kejaksaan yang digelar oleh detikcom dan didukung penuh oleh Kejaksaan Agung. Seleksi dilakukan sejak Maret 2024. Dalam menyeleksi, detikcom menjaring ribuan jaksa lewat masukan dari masyarakat, hingga masukan dari internal kejaksaan. Nama-nama itu kemudian dikerucutkan oleh Dewan Pakar yang terdiri dari Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak) 2015-2024 Barita Simanjuntak, Dekan FH Unsoed Prof Fauzan, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni dan Pemred detikcom Alfito Deannova.

(ial/dwia)
Sumber: https://xcloud.id/herlinda-raih-jaksa-penegak-keadilan-restoratif-di-adhyaksa-awards-2024/
Tokoh











Graph