Pendaftaran Pimpinan KPK Sepi Peminat, Ahok Minat? Begini Jawabannya

  • 05 Juli 2024 17:27:01
  • Views: 2

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Rektuitmen calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disebut sepi peminat. Padahal pendaftaran dibuka sejak 26 Juni 2024.

Politisi PDIP, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ditanyai apakah berminar mendaftar. Bagaimana jawabannya?

Pertanyaan itu disampaikan Najwa Shihab di program Mata Najwa yang tayang di YouTube Najwa Shihab. Ahok pun menjawab pertanyaan itu.

Ahok mengungkit omongan salah satu petinggi KPK saat ini, Alexander Mawarta bahwa KPK di Indonesia beda dengan sejumlah negara. Seperti Singapura dan Hongkong.

“Di Indonesia itu tiga badan. Mohn maaf ya, polisi pun bisa kesal ada jaksa tidak terima BAP nya. Atau ada oknum jaksa yang kesal sama polisi. Terus bolak balik. Kita bisa bayangkan,” kata Ahok dikutip Jumat (5/7/2024).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, KPK sendiri merupakan lembaga kolektif. Di dalamnya ada polisi dak jaksa.

“Terus KPK juga kolektif. Kalau mau minat jadi Jaksa Agung dong. Kira-kira gitu kalau masih bisa langsung saya bilang,” ucapnya.

Ia pun mengutup seorang tokoh. Yakni Martin Luther King Junior, menurutnya, itulah yang mesti diperbaeki saat ini.

“Makanya saya bilang balik lagi, banyak hal yang bisa kita perbaeki. Saya kan bilang teori Martin Luther King Junior, kalau kita punya cinta negara, cinta rakyat tapi tidak punya kekasaan itu pasti sembrono. Sentimental,” jelasnya.

Lalu apakah dia sentimental karena saat ini tak punya kekuasaan. Ia membantah.

“Saya tidak berpikir seperti itu. Saya tahu belum sampai,” ucapnya.

Ia menuturkan, dirinya pernah bertemu dengan temannya yang pebisnis. Ahok meminta dirinya diajak berbisnis, tapi temannya itu menolak.

Trmannya itu, kata Ahok, mengatakan tidak semua orang yang punya banyak yang bisa diterima di masyarakat. Sementara dirinya sudah bisa diterima sebagian masyarakat.

“Maksudnya Ahok sekarang sudah jadi politisi. Lu kenapa mau berhenti masuk ke pengusaha. Terus kamu termasuk prang yang bisa diterima sebagian masyarakat kita berpolitik,” pungkasnya.

Per 1 Juli 2024, diketahui sudah ada sepuluh orang pendaftar calon pimpinan KPK. Sementara Dewan Pengawas 16 orang pendaftat.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tessa Mahardika membantah pendaftar calon pimpinan KPK sepi peminat.

Dia mengatakan tenggat waktu pendaftaran capim dan dewas KPK masih cukup panjang, yakni 15 Juli 2024 sehingga masih terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa rekrutmen kali ini kurang diminati masyarakat.

"Sebagaimana yang teman-teman ketahui, tanggal batas penerimaan dokumen, pendaftaran itu kan masih sampai dengan tanggal 15 Juli (2024) ya. Jadi, saya pikir masih banyak waktu," ujarnya.
(Arya/Fajar)


Sumber: https://dev.xcloud.id/pendaftaran-pimpinan-kpk-sepi-peminat-ahok-minat-begini-jawabannya/
Tokoh





Graph

Extracted

persons Basuki Tjahaja Purnama, Najwa Shihab,
companies YouTube,
ministries Dewas KPK, Jaksa Agung, KPK, Polisi,
parties PDIP,
nations Indonesia, Singapura,
places DKI Jakarta,
cities Hongkong,
cases korupsi,