Cek ATM Segera! KPM Kategori Ini Terima Saldo Bansos di Bank BRI, BNI dan BSI Serta Update Penyaluran PKH BPNT Juli-Agustus

  • 05 Juli 2024 01:05:19
  • Views: 2

AYOBOGOR.COM – Para KPM penerima bansos kategori ini terima saldo bansosnya di bank BRI, BNI dan BSI. Serta update penyaluran bansos PKH dan BPNT periode bulan Juli-Agustus.

Dilansir dari kanal youtube Diary Bansos, pada awal bulan Juli ini berbagai bantuan sosial baik berbentuk uang tunai dan barang kembali disalurkan oleh pemerintah. Baik bantuan sosial reguler dan tambahan yang disalurkan via KKS, PT Pos Indonesia atau secara langsung.

Salah satu bansos berupa uang tunai yang dicairkan khusus KPM kategori pelajar yaitu bansos program Indonesia pintar (PIP) tahun 2024. Para orang tua atau wali dari para pelajar yang anak-anak sekolahnya menerima bansos PIP saling berbagi bukti penarikan saldo di grup media sosial.

Bukti-bukti yang diunggah tersebut memiliki nominal yang berbeda-beda sesuai tingkat pendidikan siswa sekolah. Bantuan PIP diberikan pada para siswa sekolah dari tingkah SD hingga SMA sederajat yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin dan kurang mampu.

Baca Juga: Bansos Beras Tambahan Total 30 Kilogram Alokasi Agustus-Oktober-Desember, Pencairan Pakai Data DTKS atau P3KE? Ternyata...

Mayoritas para KPM penerima PKH dan BPNT yang memiliki anak-anak usia sekolah dari jenjang SD , SMP dan SMA sederajat terpilih sebagai penerima PIP. Nominal bansos PIP disesuaikan jenjang pendidikan para pelajar penerimanya.

Untuk siswa tingkat SD sederajat menerima dana bantuan PIP sebesar Rp 450 ribu, siswa tingkat SMP sederajat menerima Rp 750 ribu dan siswa tingkat SMA sederajat menerima 1, 8 juta. Dana bantuan untuk siswa SMA sederajat merupakan nominal dana bantuan PIP yang paling besar.

Hal ini berdasarkan pertimbangan para pelajar jenjang SMA sederajat memiliki kebutuhan sekolah yang lebih banyak dibanding para pelajar jenjang SD dan SMP sederajat. Selain itu juga untuk membantu biaya persiapan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Penyaluran bansos PIP melalui tiga bank penyalur bank BRI untuk para siswa tingkat SD dan SMP sederajat. Lalu bank BNI bagi para siswa tingkat SMA sederajat dan khusus wilayah Aceh penyaluran melalui bank BSI.

Baca Juga: Adu Data DTKS Kemensos dan Regsosek Bappenas untuk Penentuan KPM Penerima Bansos, Begini Menurut DPR RI

Saat ini sedang berlangsung pencairan dana bantuan PIP bagi para pelajar yang sudah mengaktivasi rekeningnya di bulan April atau Mei. Para pelajar yang namanya masuk dalam SK nominasi PIP yang telah melakukan aktivasi rekening di bulan-bulan tersebut mulai menerima dana PIP-nya.

Para siswa ini dapat mengecek saldo PIP secara berkala di halaman pip.kemdikbud.go.id atau ATM bank penyalur. Namun ada juga siswa yang telah mengaktivasi rekeningnya dan masih belum menerima saldo bansos PIP.

Pada para pelajar tersebut mohon bersabar sampai dana bantuan PIP masuk ke dalam rekening SimPelnya. Proses pencairan dana bantuan PIP dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun nanti.

Berikutnya mengenai info penyaluran bansos PKH dan BPNT periode bulan Juli-Agustus yang cair lewat KKS bank Himbara dan periode Juli-September yang cair lewat Pos. Hingga saat ini masih belum dilakukan karena di aplikasi SIKS-NG masih muncul periode salur terbaru.

Baca Juga: Hasyim Asy’ari Dipecat, Intip 11 Properti Milik Mantan Ketua KPU, Tuan Tanah?

Proses yang sedang berlangsung saat ini terkait dua bantuan reguler ini masih di tahap penghimpunan data para KPM penerimanya. Proses ini akan berlangsung hingga minggu kedua atau minggu ketiga bulan Juli.

Sehingga diperkirakan bansos PKH dan BPNT diperkirakan akan mulai dicairkan paling cepat di akhir bulan Juli yang cair via KKS. Serta diperkirakan akan mulai cair pada minggu kedua di bulan Agustus untuk pencarian via Pos.


Sumber: https://dev.xcloud.id/cek-atm-segera-kpm-kategori-ini-terima-saldo-bansos-di-bank-bri-bni-dan-bsi-serta-update-penyaluran-pkh-bpnt-juli-agustus/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Hasyim Asy'ari,
companies Bank Himbara, Dana, YouTube,
ministries Bappenas, DPR RI, Kemdikbud, Kemensos, KPU,
bumns BNI, BRI, BSI, Himbara, PT Pos Indonesia,
topics Bantuan Sosial,
products Beras, RUU PIP,
nations Indonesia,
places Aceh,
musicclubs APRIL,