Bawaslu Jabar resmikan pojok pengawasan Kabupaten Bekasi

  • 05 Juli 2024 01:07:48
  • Views: 2

Kabupaten Bekasi (ANTARA) -

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat meresmikan pojok pengawasan dan posko kawal hak pilih untuk memaksimalkan fungsi monitoring tahapan Pilkada 2024 di Kabupaten Bekasi.

  "Hari ini kebetulan bertepatan kegiatan launching Pojok Pengawasan dan Posko Kawal Hak pilih secara serentak di 27 kabupaten dan kota se-Provinsi Jawa Barat dan saya ditugaskan ke sini," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran pada Bawaslu Jawa Barat Syaiful Bahri di Cikarang, Kamis.

. Bawaslu sebar 20 mobil Pojok Pengawasan Pemilu di Pulau Jawa

 

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program pengawasan partisipatif Bawaslu Jawa Barat dengan melibatkan unsur masyarakat untuk bersama-sama mengawal pemilihan kepala daerah.

 

Melalui pengawasan partisipatif melibatkan segenap elemen masyarakat tersebut diharapkan tahapan pemilihan kepala daerah dapat berjalan dengan lancar serta sesuai ketentuan perundang-undangan.

  "Pemutakhiran data pemilih sedang berlangsung dan petugas masih bekerja. Posko ini tentu sangat bermanfaat untuk masyarakat jika merasa terlewatkan petugas ataupun ada kendala berkaitan data pemilih dengan melaporkan ke posko di Kantor Bawaslu Kabupaten Bekasi maupun pengawas kecamatan setempat," ucapnya.

. Bawaslu masifkan Pojok Pengawasan di seluruh Indonesia

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Akbar Khadafi mengatakan peresmian posko ini sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Bawaslu RI Nomor 204 tentang Pedoman Strategi Pengawasan Partisipatif.

   

Menurut dia peresmian posko ini juga sebagai wujud kesiapan Bawaslu Kabupaten Bekasi dalam optimalisasi fungsi pengawasan, terutama berkaitan tahapan penyusunan daftar pemilih untuk pemilihan kepala daerah yang kini sedang berlangsung.

  "Posko ini kita buka memang tujuannya berkaitan dengan aduan masyarakat soal tahapan pencocokan dan penelitian. Yang belum masuk namanya ataupun belum terdaftar di daftar pemilih. Masyarakat bisa langsung datang ke kantor atau bisa melalui kanal media sosial kami," katanya.

. Bawaslu Rejang Lebong mengoptimalkan pojok pengawasan

 

Akbar mengaku sebelum posko ini diresmikan pun sudah ada sejumlah laporan pengaduan berkaitan dengan tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih. Mereka mengadu belum terdaftar sebagai pemilih sehingga petugas langsung menindaklanjuti laporan dimaksud.

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024


Sumber: https://dev.xcloud.id/bawaslu-jabar-resmikan-pojok-pengawasan-kabupaten-bekasi/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Abhan,
ministries Bawaslu,
events Pilkada Serentak,
nations Indonesia,
places BENGKULU, JAWA BARAT,
cities Bekasi, Cikarang, Rejang Lebong,