Pendaftaran CASN 2024, Simak Info Penting Terbaru Menpan RB

  • 03 Juli 2024 03:06:00
  • Views: 4

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Jadwal pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 hingga kini belum terang. Pelaksanaannya entah kapan. Pemerintah telah berkali-kali menunda jadwalnya. Semulanya akan dibuka Juni, kemudian disebut Juli, lalu terakhir menyebut berpotensi diundur hingga Agustus.

Itu diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas. Ia bilang ada potensi diundur hingga Agustus. “Juli-Agustus, ya," kata Azwar di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (1/7/2024).

Meski begitu, Azwar mengatakan penundaan itu bukan tanpa sebab. Itu karena banyak kementerian atau lembaga yang tidak mengusulkan formasi untuk memenuhi kuota yang disediakan Kementerian PANRB.

Ia memberi contoh Kementerian PANRB menyediakan kuota formasi sebanyak lebih dari 200.000. Namun, formasi yang diusulkan kementerian/lembaga baru mencapai 130.341.

"Terkait dengan CPNS ini, kaitannya dengan pengusulan dari kementerian/lembaga. Contoh kementerian/lembaga pusat itu mendapatkan kuota fresh graduate 200.000 lebih, tetapi sampai sekarang, finalnya kementerian/lembaga yang mengusulkan tidak sampai 200.000, yaitu totalnya baru 130.341 yang mengusulkan,” jelasnya.

“Inilah yang menyebabkan kita menunggu karena formasi yang kita berikan tidak diusulkan kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah," tambahnya.

Adapun tahun ini pemerintah berencana membuka CASN dari tiga gelombang. Baik Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Formasi yang dibuka pun bukan hanya untuk instansi pusat. Namun juga CASN daerah.

Selain itu, pemerintah juga akan membuka CASN untuk penempatan Ibu Kota Nusantara (IKN). Ada beberapa keistimewaan untuk ASN penempatan IKN. (Arya/Fajar)


Sumber: https://dev.xcloud.id/pendaftaran-casn-2024-simak-info-penting-terbaru-menpan-rb/
Tokoh





Graph

Extracted

persons Abdullah Azwar Anas, Azwar Anas,
ministries ASN, Kemenpan RB,
topics CPNS,
products PPPK,
places DKI Jakarta,