Salah Satu Tahap Seleksi yang Jadi Momok dalam Tes CASN, Apa Itu Tes SKD?

  • 02 Juli 2024 13:51:16
  • Views: 1


FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) menang tak mudah. Salah satu tahap seleksi yang jadi momok adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), apa itu?

Sama seperti kepanjangannya, SKD pada dasarnya adalah seleksi dasar yang mesti dilalui CASN. Tentunya setelah tes administrasi.

Tes SKD ini dilakukan sesuai jadwal yang diberikan panitia. Tentunya dengan seah aturan ketat, mulai dari tak bisa membawa handphone dan barang elektronik lain.

Bahkan saat tes SKD, peserta juga diatur pakainnya. Yakni dengan atasan putih dan bawahan hitam.

Jika merujuk tahun 2023, tes SKD terbagi menjadi tiga, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Tes ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ini merupakan tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi.

Tes ini berupa tes untuk meningkatkan intelegensi dalam analisis numerik, verbal, serta berpikir logis dan analitis.

Nilai ambang batas diberlakukan pada pelamar kebutuhan umum maupun kebutuhan khusus.

Untuk pelamar kebutuhan umum, tahun 2023, nilai kumulatif tertinggi adalah 550. TWK yang terdiri dari 30 soal memiliki nilai ambang batas 65. Sementara TIU dengan 35 butir soal memiliki nilai ambang batas 80. Sedangkan nilai ambang batas TKP yang terdiri atas 45 soal yakni sebesar 166.


Sumber: https://xcloud.id/salah-satu-tahap-seleksi-yang-jadi-momok-dalam-tes-casn-apa-itu-tes-skd/
Tokoh

Graph

Extracted

ministries ASN,
products Pancasila, UUD 45,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,