Status Gunung Marapi Turun dari Siaga ke Waspada

  • 01 Juli 2024 22:29:46
  • Views: 2

PADANG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Marapi dari level III (siaga) menjadi level II (waspada), hal itu disampaikan dalam laporan, Senin (1/7/2024).

“Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh maka terhitung dari tanggal 1 Juli 2024 pukul 15:.00 WIB tingkat aktivitas Gunung Marapi diturunkan dari Level III (siaga) menjadi Level II (waspada),” tulis Kepala Badan Geologi Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Hendra Gunawan.

Dengan penurunan level ini, PVMBG memberikan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pendaki agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 kilomerer dari pusat aktivitas (kawah verbeek), sebelumnya dilarang dalam radius 4,5 kilometer.

Lanjut, Hendra, pasca erupsi 3 Desember 2023 sampai saat 1 Juli 2024, secara umum tinggi kolom abu erupsi memperlihatkan penurunan secara fluktuatif, demikian juga dengan tinggi asap hembusan. Baik tinggi kolom abu erupsi maupun hembusan asap umumnya kurang dari 500 meter di atas puncak.

Lontaran material erupsi jatuh di dalam wilayah radius kurang dari 3 km dari pusat erupsi dan dominan jatuh di sekitar puncak gunung Marapi. “Saat ini gempa rrupsi berfluktuasi, menunjukkan penurunan, dan secara harian mulai jarang terjadi. Untuk gempa hembusan, jumlah harian tertinggi terjadi di bulan Maret 2024, setelahnya gempa hembusan berangsur menurun secara fluktuatif,” ujarnya.

Dalam kurun waktu dua minggu terakhir aktivitas kedua gempa permukaan ini tergolong rendah. Gempa-gempa yang berkaitan dengan pasokan dan migrasi magma dari kedalaman seperti gempa low frequency, vulkanik dangkal, dan vulkanik dalam secara umum terlihat menurun setelah Maret 2024.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Meskipun pernah terjadi kenaikan tiba-tiba gempa vulkanik dalam 25 kali sehari pada 29 April 2024, namun kemudian gempa ini turun drastis di hari-hari berikutnya. setidaknya dalam satu bulan terakhir ketiga gempa tersebut terekam dengan jumlah harian yang rendah,” ujarnya.

Tulis Hendra, berdasarkan evaluasi data-data di atas maka secara umum aktivitas Gunung Marapi cenderung menurun dan relatif stabil terutama dalam dua minggu terakhir. “Potensi terjadinya erupsi masih tetap ada yang merupakan pelepasan dari sisa energi untuk menuju kondisi keseimbangan,” ucapnya.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://dev.xcloud.id/status-gunung-marapi-turun-dari-siaga-ke-waspada/
Tokoh





Graph

Extracted

persons Gunawan, Hendra Gunawan,
companies Google, WhatsApp,
ministries PVMBG,
topics Gempa,
cities Gunung,
musicclubs APRIL,