Istri TNI Ini Puas Andalkan JKN untuk Persalinan Anak: Semua Gratis!

  • 01 Juli 2024 15:03:56
  • Views: 2

Jakarta -

Memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tentu bermanfaat, terutama ketika sedang membutuhkan pelayanan kesehatan. Seperti yang dirasakan Shinta Devi Pratiwi (29).

Warga Kabupaten Kediri ini mengaku bersyukur bisa menggunakan JKN untuk proses kelahiran kedua anaknya. Shinta menyebutkan proses kelahiran kedua anaknya normal.

Meskipun menggunakan jaminan kesehatan, ia merasa mendapatkan pelayanan yang baik selama di fasilitas kesehatan.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Program JKN ini cukup bagus sekali. Dengan menggunakan JKN, saya terbantu waktu melahirkan kedua anak saya. Proses kelahiran kedua anak saya itu alhamdulillah dijamin JKN semua, gratis, tidak dipungut biaya sama sekali. Selama menggunakan JKN juga dilayani cukup baik. Waktu itu langsung ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) langsung ditangani, tidak menunggu terlalu lama. Penanganannya cepat sekali," ujarnya Senin (1/7/2024).

Istri Prajurit TNI Angkatan Darat (TNI AD) ini juga tidak merasa dibedakan dengan pasien maupun peserta JKN lainnya. Ia mengaku puas, karena itu ia kembali mengandalkan JKN untuk menjamin biaya ketika persalinan anak kedua.

Dari pengalaman anak pertamanya, Shinta yakin untuk menggunakan JKN saat menyambut kelahiran anak keduanya. Meskipun harus membayar iuran JKN yang dipotong dari gaji suaminya, ia dan suami tidak merasa keberatan. Bagi Shinta dan suami, iuran JKN cukup terjangkau.

"Saya yakin menggunakan JKN untuk kelahiran anak-anak saya. Tentu awalnya dari pengalaman anak pertama, pelayanannya bagus, pakai JKN atau umum sama saja, dan ternyata tanpa biaya, pelayanannya memuaskan sekali. Alhamdulillah kami tidak keberatan, cukup terjangkau bagi kami, dibandingkan harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak secara langsung," jelasnya.

Terdaftar sebagai peserta, ia mengaku tak khawatir ketika suatu saat membutuhkan pelayanan kesehatan tiba-tiba. Karena ada program JKN yang bakal menjamin biayanya pengobatan.

"Sakit kan tidak dapat diduga kapan datangnya. Kalau JKN kan kita sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Kalau suatu saat sakit, ada keluhan yang mendesak dan mendadak kita bisa pakai JKN. Apalagi kita tidak setiap hari kita punya uang untuk pengeluaran yang langsung besar. Walaupun cuma sakit pusing atau apapun yang tidak berat bisa langsung ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), atau kalau mendadak yang sifatnya darurat juga kan bisa dipakai JKN-nya," jelasnya.

Sementara itu, Shinta juga telah merasakan kemudahan pelayanan JKN melalui Aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, dengan Aplikasi Mobile JKN lebih praktis, bisa digunakan di mana saja dan kapan saja.

"Saya sudah lama punya Aplikasi Mobile JKN. Pernah saya pakai yang pertama waktu saya mau pindah alamat. Kedua, waktu mau menambahkan anak jadi peserta. Kalau mau berobat juga tidak perlu membawa kartu, langsung menggunakan KIS Digital dari Aplikasi Mobile JKN sudah bisa dilayani. Jadi bisa dibawa ke mana-mana, mudah dan cepat," ucapnya.

Shinta berharap ke depan pelayanan JKN bisa terus ditingkatkan. Dia juga mengajak masyarakat yang belum terdaftar bisa segera mendaftar.

Shinta pun mengimbau kepada peserta JKN yang masih memiliki tunggakan iuran agar segera melunasi tunggakannya, supaya bisa menggunakan JKN ketika membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Untuk BPJS Kesehatan agar semakin ditingkatkan lagi pelayanannya, namun yang sudah saya rasakan sudah baik sekali. Bagi yang belum terdaftar agar bisa mendaftar, termasuk bagi peserta yang masih menunggak iuran, segera aktifkan kembali. Minimal buat berjaga-jaga kalau kita sakit. Manfaatkan JKN yang sudah kita punya sebaik mungkin," ujarnya.

(akd/ega)
Sumber: https://dev.xcloud.id/istri-tni-ini-puas-andalkan-jkn-untuk-persalinan-anak-semua-gratis/
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BPJS, TNI, TNI AD,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Kediri,