Kisah Prabowo Cedera Kaki Saat Terjun Payung hingga Kini Operasi Besar

  • 01 Juli 2024 11:07:47
  • Views: 4

Jakarta -

Menteri Pertahanan yang juga Presiden terpilih, Prabowo Subianto, selesai menjalani operasi cedera kaki di RSPPN Sudirman. Prabowo mengalami cedera kaki saat latihan terjun payung dilatih pasukan khusus Amerika Serikat (AS).

Melalui akun Instagram-nya yang dilihat pada Senin (1/7/2024), Prabowo menceritakan cedera kaki kirinya karena kecelakaan terjun payung pada tahun 80-an. Prabowo mengaku masih merasakan cedera tersebut sampai saat ini.

"Seperti sudah diketahui banyak pihak, saya pernah mengalami 2 kali kecelakaan terjun payung saat bertugas di TNI pada tahun 80an di kaki kiri saya, cedera ini selama ini masih saya rasakan," ujar Prabowo.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan buku yang ditulis oleh Hendro Subroto berjudul 'Sintong Panjaitan, Perjalanan Seorang Prajurit Para Komando' yang terbit 2009, cedera Prabowo dialami bersama dengan mantan Danjen Kopassus, Letjen (Purn) Sintong Panjaitan.

Pada tahun 1981, Sintong dan Prabowo mengikuti latihan terjun payung Mobile Training Team (MTT) dari US Army's Special Forces yang anggotanya dari penerju bebas kenamaan, Golden Knight. MTT melatih terjun bebas Kopassus di Cijantung, Jakarta.

Dalam buku Hendro Subroto, dijelaskan Sintong dan Prabowo mengalami cedera kaki, namun Sintong mendapat perintah menangani pembajakan pesawat DC-9 'Woyla'. Karena cedera, akhirnya mendapatkan perawatan dan menggunakan tongkat.

"Kisahnya berawal ketika Sintong mengikutin latihan terjun bebas oleh MTT, Sintong dan Prabowo mengalami cedera kaki," tulis Hendro dalam bukunya.

Hendro menjelaskan dalam bukunya, terjun bebas sesungguhnya bukan hal baru dalam latihan Kopassus. Namun, akibat cedera kaki itu, anggota Kopassus harus dirawat di RSPAD Gatot Subroto selama dua minggu.

Kembali ke operasi terkini Prabowo di RSPPN Sudirman, Prabowo menyadari tindakan medis yang dijalaninya penuh risiko. Selain itu, dia menyebut tindakan medis menangani cedera kakinya juga mempertaruhkan nyawa.

"Saya sadar dan paham bahwa tindakan medis yang saya jalani penuh dengan resiko dan pertaruhan nyawa, saya yakinkan diri bahwa semua ini untuk negara dan bangsa, saya juga yakin tim dokter dan seluruh tenaga medis yang menanganinya pun handal dan profesional," tutur dia.

Meski begitu, Prabowo bersyukur tindakan medis tim dokternya berhasil. Mantan Danjen Kopassus itu yakin bisa kembali sehat seperti sedia kala.

"Puji syukur 1 minggu lalu tim dokter berhasil melakukan tindakan medis untuk memulihkan cidera yang saya alami selama ini. Insyaallah dengan kondisi sehat walafiat ke depan saya semakin siap untuk berbakti dan mengabdi untuk negara dan rakyat Indonesia. Terima kasih kepada seluruh masyarakat atas doa dan dukungannya," ungkap Prabowo.

(rfs/imk)
Sumber: https://dev.xcloud.id/kisah-prabowo-cedera-kaki-saat-terjun-payung-hingga-kini-operasi-besar/
Tokoh





Graph

Extracted

persons Prabowo, Sudirman,
companies Instagram,
ministries Kopassus, TNI,
fasums RSPAD Gatot Soebroto,
nations Amerika Serikat, Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Cijantung,
cases kecelakaan,