Rumah Pensiun di Karanganyar Dibangun, Jokowi Diam-diam Pesan Rumah di Kalimantan Senin, 01/07/2024, 10:00 WIB

  • 01 Juli 2024 10:00:00
  • Views: 2

Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat politik Rocky Gerung menilai kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diam-diam sudah memesan rumah di Kalimantan meskipun rumah pensiunnya sebagai kepala negara sedang dibangun di Karanganyar, Jawa Tengah.

Rocky Gerung menyampaikannya menanggapi mengenai publik yang berpendapat bahwa rumah pensiunan Jokowi seharusnya terletak di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, bukan Karanganyar.

Baca Juga: Jokowi Tak Setuju Prabowo Tunda Pemindahan Ibu Kota ke IKN 50 Tahun Lagi

"Mungkin juga diam-diam Pak Jokowi udah pesan rumah di Samarinda atau di Balikpapan itu," ucap ahli filsafat itu, dikutip dari YouTube Rocky Gerung Official, Senin (1/7).

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata memilih sendiri lokasi rumah pensiunnya yang terletak di Jalan Adisucipto, Desa Blulukan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Menteri Sekretariat Negara, Setya Utama saat menanggapi pertanyaan soal pemilih lokasi rumah untuk Jokowi, pertimbangan khusus dari istana mengenai lokasinya, serta kenapa tidak terletak di IKN.

"Presiden sendiri yang meminta dan memilih lokasi rumah kediaman beliau," kata Setya kepada wartawan, Kamis (27/6/2024), dikutip dari Suara.

Kemudian mengenai pertimbangan Karanganyar sebagai lokasi, Setya mengatakan hanya Jokowi dan keluarganya yang mengetahuinya. "Pertimbangannya beliau sendiri dan keluarga tentunya yang mengetahui," katanya.

Luas lahan rumah pensiun tersebut mencapai 1,2 hektare alias 12.000 meter persegi, dan menurut Setya sudah sesuai dengan anggaran yang diatur.

"Besaran anggarannya diatur di Permenkeu 120/PMK.06/2022 tentang Penyediaan, Standar Kelayakan, dan Perhitungan Nilai Rumah Kediaman bagi mantan presiden dan/atau mantan wakil presiden RI," kata Setya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.


Sumber: https://dev.xcloud.id/rumah-pensiun-di-karanganyar-dibangun-jokowi-diam-diam-pesan-rumah-di-kalimantansenin-01-07-2024-1000-wib/
Tokoh







Graph