Eksklusif, Debu Meteroit Langka Dipakai untuk Membuat Balok Lego - Page 3

  • 01 Juli 2024 07:30:18
  • Views: 1

Liputan6.com, Jakarta - Lego yang sebelumnya cuma menampilkan astronot di set balok tertentu, kini ada balok Lego yang terbuat dari bahan-bahan yang ditemukan astronot di luar angkasa.

Perusahaan asal Denmark itu telah bekerja sama dengan Badan Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) untuk membuat potongan Lego dari debu meteorit asli yang langka.

Potongan Lego itu akan dipajang di beberapa lokasi toko tertentu hingga 20 September 2024, termasuk cabang besar di 5th Avenue, Manhattan, New York. Demikian sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (1/7/2024).

Proyek ini bukan hanya sekadar gimik, tetapi sebagai konsep yang menunjukkan bagaimana astronot dapat menggunakan debu itu untuk membangun struktur bulan.

Pertimbangkan besarnya bukan cuma energi dan uang yang dibutuhkan untuk mengangkut bahan bangunan dari Bumi ke Bulan. Sebaliknya, membangun segala sesuatu dari material Bulan yang sudah ada akan menjadi terobosan baru.

Terdapat lapisan batuan dan endapan mineral di permukaan Bulan, yang disebut regolit Bulan.

Diperkirakan bahwa semacam regolit diperlukan untuk membangun koloni pertama manusia di luar dunia.

Bahan ini sudah tersedia dan ada beberapa metode prospektif untuk mengubahnya menjadi bahan bangunan. Bagaimana pun, manusia telah membuat bangunan dari tanah dan pasir selama ribuan tahun.

 


Sumber: https://xcloud.id/eksklusif-debu-meteroit-langka-dipakai-untuk-membuat-balok-lego-page-3/
Tokoh

Graph

Extracted

nations Denmark,
places DKI Jakarta,
cities New York,