KIP Kuliah Mulai Beroperasi Kembali

  • 01 Juli 2024 04:47:44
  • Views: 2

Sistem layanan Kartu Indonesia Pintar Kuliah sudah kembali beroperasi setelah mengalami gangguan akan serangan siber pada Pusat Data Nasional Sementara 2. Pendaftar KIP dapat melakukan reclaim menggunakan NIK dan NISN.

JAKARTA - Sistem layanan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah mulai beroperasi kembali. Sebelumnya layanan KIP Kuliah terganggu sebab Pusat Data Nasional Sementara 2 (PDNS2) mengalami permasalahan.

"Sistem KIP Kuliah akan kembali beroperasi sepenuhnya paling lambat pada tanggal 29 Juli 2024," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, dalam keterangannya, Minggu (30/6).

Suharti mengatakan ada 853.393 orang yang sudah melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2024 sebelum sistem mengalami kendala. Mereka diminta mengakses laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ per tanggal 29 Juli 2024 sampai dengan 31 Agustus 2024.

Dia melanjutkan, pendaftar KIP Kuliah untuk melakukan reclaim akun KIP Kuliah masing-masing menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Setelah itu, mereka melakukan pengunggahan kembali dokumen dan data dukung pendaftaran KIP Kuliah.

Baca Juga :

Penerima KIP di SMKN 7 Palu Mampu Toreh Prestasi

"Bagi yang akan mendaftar KIP Kuliah 2024 dan belum pernah melakukan pendaftaran sebelumnya, pendaftaran KIP Kuliah 2024 akan dibuka kembali mulai tanggal 29 Juli 2024 sampai dengan 31 Oktober 2024," jelasnya.

Suharti mengimbau perguruan tinggi mengikuti bimbingan teknis pada awal Agustus 2024 untuk melakukan seleksi penerima KIP Kuliah. Perguruan tinggi juga mesti memundurkan tenggat waktu pembayaran uang kuliah bagi pendaftar KIP Kuliah.

"Perguruan tinggi mesti menyesuaikan linimasa penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri untuk memberikan kesempatan kepada pendaftar KIP Kuliah. Perguruan tinggi juga harus memastikan agar tidak ada mahasiswa baru yang kehilangan hak untuk mengikuti seleksi penerima KIP Kuliah," katanya.

Pencairan KIP

Suharti menuturkan, pada saat gangguan sistem KIP Kuliah mulai terjadi, masih ada 16 316 mahasiswa penerima KIP Kuliah ongoing yang belum diajukan pencairannya oleh perguruan tinggi atau sedang dalam proses pencairan. Selama proses pemulihan sistem KIP Kuliah, pengajuan dan pencairan untuk mahasiswa penerima KIP Kuliah ongoing akan diproses secara manual.

"Proses pencairan KIP Kuliah untuk mahasiswa penerima KIP Kuliah ongoing pada semester genap 2023/2024 sudah mencapai 98,8 persen," ucapnya.

Baca Juga :

Membanggakan, Anak Penjual Sayur Penerima Bantuan KIP Raih IPK Tertinggi di Universitas Jember

Dia meminta, pengelola KIP Kuliah pada perguruan tinggi untuk melakukan identifikasi dan verifikasi data mahasiswa penerima KIP Kuliah ongoing yang belum menerima KIP Kuliah pada semester genap 2023/2024. Pengelola juta mesti berkoordinasi dengan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek untuk memproses pencairan.

"Semua proses pencairan KIP Kuliah untuk mahasiswa penerima KIP Kuliah ongoing semester genap 2023/2024 akan selesai sesuai jadwal dan tanpa keterlambatan pada bulan Agustus 2024," tuturnya. ruf/S-2


Redaktur : Sriyono

Penulis : Muhamad Ma'rup


Sumber: https://dev.xcloud.id/kip-kuliah-mulai-beroperasi-kembali/
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Kemdikbud, MA,
institutions Universitas Jember,
products KIP,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR, SULAWESI TENGAH,
cities Jember, Palu,
cases serangan siber,