Pakar Bicara Sosok Paling Efektif Terima Prabowo Effect di Pilgub Jateng

  • 01 Juli 2024 02:57:42
  • Views: 4

Jakarta -

Sejumlah nama mulai mencuat di Pilgub Jawa Tengah 2024. Pakar Politik dari Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat menilai pengaruh Presiden terpilih Prabowo Subianto dapat menentukan konstelasi politik di Pilgub Jateng 2024.

Cecep awalnya bicara terkait Prabowo yang memiliki popularitas, basis pendukung yang loyal dan juga mesin partai politik. Menurutnya, kapasitas Prabowo memiliki akses sumber daya politik dan pemerintahan.

"Lalu siapa kandidat yang dapat efeknya?" kata Cecep Hidayat dalam keterangannya, Senin (1/7/2024).

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cecep pun menilai kandidat tersebut harusnya berkaitan dengan janji politik Prabowo yang akan menempatkan orang-orangnya di jabatan strategis, yang sesuai dengan visi-misinya untuk mengeksekusi program dan kebijakan untuk meningkatkan popularitasnya.

Sejauh ini, kata dia, sejumlah DPC Gerindra Jateng juga bulat menyatakan dukungannya kepada Ketua DPD Gerindra Jateng, Sudaryono, untuk dicalonkan sebagai cagub Jateng.

Menurut Cecep, Prabowo sebagai Ketum Gerindra tentu berkepentingan untuk mengusung kadernya sendiri di Pilgub Jateng. Ditambah lagi, sosok Sudaryono bukan orang asing bagi Prabowo.

"Keinginan kuat Gerindra mereka ingin mendukung Sudaryono, Ketua DPD Gerindra Jateng (sebagai cagub). Apalagi Sudaryono ini kan kandidat kuat yang bisa mendapat dukungan kuat dari Prabowo," ujarnya

Cecep pun menilai Prabowo effect akan lebih efektif dan signifikan jika dukungan diberikan kepada kadernya sendiri di Pilkada 2024. "Dukungan Prabowo diharapkan mendukung elektabilitas calon, kalau nanti diberikan ke Sudaryono," imbuh dia.

(maa/maa)
Sumber: https://dev.xcloud.id/pakar-bicara-sosok-paling-efektif-terima-prabowo-effect-di-pilgub-jateng/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Prabowo,
ministries DPD,
institutions Universitas Indonesia,
parties Gerindra,
events Pilkada Serentak,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,