Polri Semakin Presisi Ciptakan Rasa Aman

  • 30 Juni 2024 20:15:53
  • Views: 2

Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2024. Sandiaga pun menyampaikan harapan agar Polri semakin Presisi dalam menciptakan rasa aman, khususnya untuk destinasi wisata Indonesia.

"Izinkan saya mewakili jajaran keluarga besar kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024. 'Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas'," kata Sandiaga dalam keterangannya, Minggu (30/6/2024).

Sandiaga mengatakan dalam menjalankan tugas pelayanan kepada mayarakat di bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif, peran kepolisian sangat penting dan utama. Kenyamanan masyarakat berlibur sangat ditentukan oleh keamanan semua destinasi wisata yang ada di Tanah Air.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Polisi bahu membahu dengan seluruh insan pariwisata menciptakan kenyamanan tersebut. Bebas dari kejahatan, bersih dari premanisme, perundungan, bebas dari pengaruh narkoba dll," imbuhnya.

Terlebih, kata dia, inovasi pelayanan polisi, khususnya pariwisata di destinasi-destinasi prioritas, menambah nuansa baru dalam penyelenggaraaan pariwisata Indonesia. Demikian juga dengan penyelenggaraan event-event ekonomi kreatif di seluruh Indonesia, mulai dari skala kecil di desa desa, meningkat ke level kota/kabupaten sampai yang berskala nasional dan internasional, insan-insan event kreatif selalu berinteraksi dengan kepolisian negara republik Indonesia.

Mulai dari perijinan terpadu digital dan pengamanan venue venue kegiatan dan para pengisi acaranya. Di sub sektor musik dan seni pertunjukan, Presiden RI Bapak Joko Widodo (Jokowi) baru saja meluncurkan digitalisasi proses perizinan yaitu online single submission (OSS).

Digitalisasi proses perizinan tersebut diharapkan mampu memberikan kemudahan pengurusan izin bagi para penyelenggara acara yang diharapkan memberikan kepastian dan kecepatan waktu bagi para penyelenggara event untuk melangsungkan acara yang dimana Polri menjadi garda terdepan dalam proses pengamanan.

"Di mana ada event, di sana ada Bapak dan Ibu Polisi kita," imbuh dia.

Di balik event yang sukses besar, di sana pula peran sukses kepolisian menjaga keamanan kegiatan. Dalam praktek ini semboyan HUT ke-78 tahun ini menjadi sangat relevan, Presisi mengawal agenda keparisataan dan ekonomi kreatif, membuat sektor ekraf menjadi transformatif.

"Berdasarkan TTDI 2024, Indonesia menempati peringkat 22, naik 10 peringkat dari sebelumnya. Indikator TTDI yang berkaitan dengan peran POLRI adalah Keamanan dan Keselamatan (Safety & Security), dan Indonesia memperoleh skor 5,77. Skor ini menunjukkan hasil cukup baik, dimana rata-rata skor Pilar ini di Asia Pasifik 5,70 yang menunjukan adanya perbaikan dan inovasi serta kerja keras Polri untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan" ujar Sandiaga.

Sandiaga menilai kepuasan yang sangati tinggi dari masyarakat pada institusi kepolisian yang terekam dari lembaga survei kredibel Litbang Kompas dan LSI adalah kerja resultan dari semua unsur kepolisian. Bukan hanya dari sisi penegakkan hukum yang selalu penuh dengan pro kontra, tapi unsur non pegekan hukum, seperti kerja sama dengan berbagai unsur masyarakat dalam ranah ranah khusus.

"Dalam ekosistem parisiwisata dan ekonomi kreatif, polisi adalah bayangkara negara yang menjadi mitra strategis untuk menjaga pertumubuhan pesat ekonomi Indonesia di dua sektor ini," ujarnya

"Dirgahayu Bhayangkaraku ke-78. Tiada pariwisata dan ekonomi sukses tanpa kepolisian negara ri yang sukses mengayomi, dan melindungi," sambung dia.

(maa/knv)
Sumber: https://dev.xcloud.id/polri-semakin-presisi-ciptakan-rasa-aman/
Tokoh





Graph

Extracted

persons Joko Widodo, Sandiaga Uno,
companies Litbang Kompas,
ministries kemenparekraf, Polisi,
ngos GARDA, LSI,
events HUT Bhayangkara,
products emas,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases Narkoba,