60% UMKM Hadapi Tantangan Berat Ini, Apa Itu? - Page 3

  • 30 Juni 2024 09:15:34
  • Views: 1

Liputan6.com, Jakarta KoinWorks mengumumkan peluncuran Impact Report 2023 yang berjudul "Leveling Up the MSME Ecosystem" bersama Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) diikuti dengan diskusi panel pada 19 Juni 2024.

Acara peluncuran edisi kedua dari laporan tahunan ini juga menandai dimulainya inisiatif 'Play It Forward' KoinWorks untuk terus menghasilkan dampak positif bagi masyarakat, dengan menghadirkan beberapa pembicara dari sektor fintech, modal ventura, dan ekonomi berkelanjutan.

Seperti yang dijelaskan dalam Impact Report KoinWorks, pada sektor-sektor seperti FMCG; pertanian; dan kesehatan, kecepatan, efisiensi, dan kelincahan sangat penting dalam bisnis. Lebih dari 60% UMKM menghadapi tantangan dalam mengelola rantai pasokan mereka secara efisien, terutama dengan keterbatasan arus kas.

“Visi kami adalah agar UMKM tidak hanya masuk ke pasar sebagai pengecer tetapi menjadi bagian integral dari ekosistem produksi domestik,” kata Chief of Impact & ESG KoinWorks Angelique Timmer dalam keterangan tertulis, Minggu (30/6/2024).

“Fokus kami adalah pada dukungan di tingkat ekosistem. Kami bermitra dengan pemain kunci UMKM, penggerak UMKM, dan lembaga keuangan tradisional untuk meningkatkan seluruh rantai pasokan. KoinWorks juga terlibat dalam program inkubasi UMKM yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Kolaborasi ini penting dalam menciptakan pertumbuhan berkelanjutan untuk meningkatkan seluruh ekosistem UMKM," lanjut dia.

Dia mengingatkan bahwa memperkenalkan praktik ESG ke dalam sektor fintech penting untuk mendorong akuntabilitas yang kuat dalam operasional bisnis mereka. Sebagai contoh, Angelique menyoroti bagaimana KoinWorks tidak hanya memberikan dukungan dalam bentuk pembiayaan kepada UMKM, namun untuk memastikan akuntabilitas dan penggunaan dana yang efektif, KoinWorks juga menyediakan berbagai edukasi, di antaranya adalah koleksi video KoinLearn dan komunitas KoinPreneur.

Inisiatif ini membekali UMKM dengan wawasan dan pengetahuan berharga untuk membantu mereka mengembangkan bisnis. 

Secara umum, inisiatif ini bertujuan untuk memberikan dampak sosial yang lebih luas bagi UMKM, termasuk meningkatkan akses ke pembiayaan berkelanjutan, mendorong kolaborasi dan pertukaran pengetahuan dalam komunitas, menyediakan solusi digital untuk pertumbuhan, dan membantu UMKM menyederhanakan pelaporan keberlanjutan.

"Konsep inilah yang mendorong KoinWorks untuk aktif membantu UMKM di tingkat ekosistem dalam menerapkan ESG untuk bisnis mereka. Kami menyadari bahwa UMKM lokal harus memiliki akses ke pembiayaan berkelanjutan dan peluang bisnis," tambah Angelique.

 

 

 

 


Sumber: https://xcloud.id/60-umkm-hadapi-tantangan-berat-ini-apa-itu-page-3/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana, Koinworks,
institutions AFTECH,
products fintech, UMKM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,