Cuaca Besok Senin 1 Juli 2024: Jabodetabek Langit Pagi Hari Cerah Berawan

  • 30 Juni 2024 08:15:00
  • Views: 1

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta akan melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mengatasi polusi udara di Jakarta yang memburuk dalam beberapa pekan terakhir.

Kepala Pelaksana BPBD Jakarta Isnawa Adji mengatakan, pihaknya juga bakal berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Kami akan berkoordinasi dengan BNPB dan BMKG mengenai arahan Pj Gubernur untuk melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Jakarta, seiring dengan kondisi udara Jakarta yang sedang memburuk beberapa waktu terakhir," kata Isnawa dalam keterangan tertulis, dikutip Senin, 24 Juni 2024.

Sebelumnya, kata Isnawa, TMC juga pernah dilakukan di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk mengatasi kondisi cuaca ekstrem dan polusi udara.

Isnawa menyampaikan, pada akhir 2022 lalu BPBD Jakarta berkoordinasi dengan tim gabungan TMC yang terdiri dari BMKG, BRIN, BNPB, dan TNI AU untuk melakukan penyemaian garam di kawasan Jakarta sebagai upaya untuk menanggulangi potensi cuaca ekstrem.

"Pada pertengahan tahun 2023 juga pernah dilakukan TMC untuk mengatasi pencemaran udara di Jakarta pada saat musim kemarau dengan kolaborasi dari tim gabungan," ucap Isnawa.

Menurutnya, upaya yang dilakukan tersebut bertujuan untuk memastikan polusi udara Jakarta dapat terkendali dan tidak memberikan dampak lanjutan yang serius bagi masyarakat Jakarta.

Oleh sebab itu, pada 2024 ini BPBD Jakarta juga akan kembali melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk melakukan TMC.

"BMKG telah membentuk kedeputian yang khusus bekerja melakukan operasi modifikasi cuaca, yang nantinya dapat membantu Jakarta untuk membahas lebih teknis mengenai pelaksanaan operasional TMC ke depan," ujarnya.


Sumber: https://dev.xcloud.id/cuaca-besok-senin-1-juli-2024-jabodetabek-langit-pagi-hari-cerah-berawan/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Isnawa Adji,
ministries BMKG, BNPB, BPBD, BRIN, TNI, TNI AU,
topics modifikasi cuaca,
places DKI Jakarta,
cities Jabodetabek,