Ikut Program PHC Nusantara, Dosen Poltekba Bakal Rancang Desain Drone Bawah Laut - Page 3

  • 29 Juni 2024 15:55:00
  • Views: 2

Sebagai program baru di Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, Hadi mengaku cukup kesulitan untuk mendapatkan mitra penelitian di Prancis. Ia menyebut, Prancis cukup selektif untuk melakukan kolaborasi riset dengan negara lain.

“Tapi syarat dari program ini adalah kita harus memiliki mitra riset dari Prancis,” ujarnya.

Lalu, Hadi mencoba menghubungi Kedutaan Prancis di Indonesia untuk menjajaki peluang kerja sama dengan lembaga-lembaga penelitian Prancis yang sejalan dengan risetnya.

“Akhirnya, pihak Kedubes Prancis mencarikan lembaga yang sekiranya sesuai dan ternyata ada, kemudian direkomendasikan salah satunya adalah LEGOS," ucap Hadi.

"Selanjutnya, peneliti melakukan komunikasi langsung secara intens dengan pihak mitra dan peneliti mitra di Perancis memberikan respons yang sangat baik dan sepakat dengan topik riset yang ditawarkan,” jelasnya.

LEGOS merupakan laboratorium riset yang fokus untuk menangani riset-riset yang berkaitan dengan oseanografi dan diakui dunia internasional. Oleh karena itu, Hadi mengaku sangat tertarik akan masa depan kolaborasi riset yang akan dilakukan selama dua tahun ini.

“Penelitian tentang kemaritiman belum menjadi perhatian serius di Indonesia dan dengan keterlibatan mitra asing serta institut laboratorium berkelas dunia tentu akan menunjang pengembangan riset yang kami lakukan,” ungkap Hadi.


Sumber: https://xcloud.id/ikut-program-phc-nusantara-dosen-poltekba-bakal-rancang-desain-drone-bawah-laut-page-3/
Tokoh

Graph