Alasan Ditjen Imigrasi Pindah Data Layanan ke Amazon Usai PDN Dibobol Hacker

  • 29 Juni 2024 08:59:30
  • Views: 4

JAKARTA - Ditjen Imigrasi mengakui menggunakan server Amazon Web Service (AWS) setelah Pusat Data Nasional mengalami serangan siber ransomware. Alasan penggunaan AWS karena mendapat rekomendasi keberhasilan saat mengelola webset peduli lindungi.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim mengatakan, setelah PDN mengalami serangan dia langsung melakukan tindakan dengan segera melakukan pembuatan sistem layanan baru. Dia memilih menggunakan Amazone Web Service untuk memastikan layanan baru tersebut.

"Saya tanya sama Menkes, Peduli Lindungi dengan siapa, dijawablah (Amazon Web Service)," kata Silmy dalam keterangannya, Sabtu (29/6/2024).

 BACA JUGA:

Lebih lanjut Silmy mengatakan, setelah mendapatkan referensi dari Menkes Budi Gubadia Sadikin karena keberhasilannya dalam mengelola Peduli Lindungi pihaknya memilih menggunakan Amazone Web Service.

"Saya berdasarkan reference orang yang berhasil aja. Peduli lindungi kan ketika pada masa covid kan aplikasi yg paling sibuk. Kan kita pengen aplikasi kita tidak down. Makanyan ketika kita terus mengenhance sistem kita yang terbaik," jelasnya.

Dia juga mengakui bahwa peristiwa serangan siber ransomware yang terjadi pada DPN menjadikan pelajaran berharga. Saat ini pihaknya melakukan upaya beackup data mirornya dengan lokasi lokasi yang berbeda.

 BACA JUGA:

"Data center yang baik harus punya mirror. Karena suatu waktu dihit di suatu tempat, di tempat lain masih bisa backup," jelasnya.

"Misalnya kena nih, misalnya Surabaya kena gempa kira-kira akan ngambil data center di Surabaya atau mirrornya di tempat lain? Tempat lain kan. Bukan dasarnya permintaan. Memang harusnya ada yang namanya data center harus punya backup," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://dev.xcloud.id/alasan-ditjen-imigrasi-pindah-data-layanan-ke-amazon-usai-pdn-dibobol-hacker/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Silmy Karim,
companies Amazon, Google, WhatsApp,
ministries Kemenkes, Kemenkum HAM,
institutions Amazon Web Service (AWS),
topics Gempa,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Surabaya,
cases covid-19, HAM, serangan siber,