Gunung Semeru 7 Kali Erupsi Hari Ini, Muntahkan Abu Setinggi 900 Meter

  • 29 Juni 2024 11:41:27
  • Views: 5

Jakarta -

Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang, Jawa Timur, kembali erupsi pagi. Aktivitas itu turut disertai dengan muntahan abu vulkanik setinggi 900 meter di atas puncak atau 4.576 meter di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya dan barat. Erupsi tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 115 detik," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Sigit Rian Alfian dilansir Antara, Sabtu (29/6/2024).

Erupsi dari Gunung Semeru terjadi pagi ini sekitar pukul 08.01 WIB. Tercatat sudah tujuh kali Gunung Semeru mengalami erupsi sejak tengah malam pukul 00.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Erupsi pertama terjadi pukul 00.38 WIB. Erupsi kedua lalu terjadi pukul 00.57 WIB dan selanjutnya terjadi di pukul 05.23 WIB, 05.28 WIB, dan 05.44 WIB.

Gunung Semeru kemudian Kembali erupsi pada pukul 07.19 WIB. Aktivitas itu turut disertai dengan abu vulkanik setinggi 700 meter di atas puncak.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm, dan durasi 121 detik.

Hampir satu jam berselang, Semeru kembali erupsi. Kini ketinggian abu vulkanik mencapai 900 meter di atas puncak.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya dan barat. Erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 115 detik.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Muhammad Wafid sebelumnya telah mengatakan, awan panas dan guguran lava pijar masih terjadi di Gunung Semeru. Namun secara visual jarang teramati karena terkendala dengan cuaca yang berkabut.

"Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi, maka tingkat aktivitas Gunung Semeru tetap pada Level III atau Siaga dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini," katanya.

Pihaknya memberikan rekomendasi agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak (pusat erupsi).

Kemudian di luar jarak tersebut, masyarakat juga diimbau tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) pada sepanjang Besuk Kobokan. Hal itu karena daerah tersebut berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

(ygs/jbr)
Sumber: https://dev.xcloud.id/gunung-semeru-7-kali-erupsi-hari-ini-muntahkan-abu-setinggi-900-meter/
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Kementerian ESDM,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Gunung, Lumajang, Malang,