Dirjen Imigrasi Ungkap Sempat Surati Kemenkominfo untuk Minta Back Up Data, tetapi Tidak Direspons

  • 29 Juni 2024 14:15:33
  • Views: 1

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim ungkap sudah meminta backup atau pencadangan data Pusat Data Nasional (PDN) dengan menyurati Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sejak April 2024.

“File kita itu ada 800 yang secara PDN ada backup-nya itu 200. Nah April kita menyurati Kominfo, untuk meminta di-backup dibuatkan replika April,” katanya saat konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan pada Jumat (28/6/2024).

Surat yang dikirimkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi tidak mendapatkan respons apapun dari Kominfo, sehingga, Silmy meminta ke jajarannya menyiapkan dan memperbarui secara berkala melalui pencadangan internal Pusat Data Keimigrasian (Pusdakim).

“Yang jelas April kita sudah minta untuk dibuatkan replika (tidak ada klausul backup data). Memang tidak dijawab. Makanya kita siapkan di Pusdakim begitu,” tuturnya.

Silmy menuturkan permintaan pencadangan data pada PDN di bawah naungan Kemenkominfo dikarenakan setelah beberapa waktu diperiksa pihaknya tidak menemukan data backup.

“Di situ kan kita minta ngecek-ngecek memastikan, nah kita baru tahu itu kan beberapa waktu setelah mengirim surat. Asumsi kita PDN menyediakan mirror. Seandainya punya mirror juga taruhnya di mana, karena itukan masih PDNS, begitu kan,” ujarnya.

Namun, memastikan layanan keimigrasian sudah pulih sepenuhnya setelah sebelumnya alami gangguan akibat insiden serangan ransomware ke Pusat Data Nasional (PDN).

"Hari ini kita sudah memastikan seluruh layanan keimigrasian dari perlintasan, kemudian visa online, izin tinggal, dan paspor sudah recover 100%," tandasnya.

“Dari 800 hanya ada 190 (dari backup PDN), yang bisa dipakai 7 untuk menghidupkan kembali kurang. Makanya kita pakai itu saja dan Pusdakim enggak apa-apa," pungkasnya.


Sumber: https://xcloud.id/dirjen-imigrasi-ungkap-sempat-surati-kemenkominfo-untuk-minta-back-up-data-tetapi-tidak-direspons/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Silmy Karim,
companies Visa,
ministries Dirjen Imigrasi, Kemenkominfo, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo),
products Paspor,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,