PDN Diserang Ransomware, Menkumham Sebut Data Imigrasi Aman di Amazon

  • 29 Juni 2024 13:59:44
  • Views: 1

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyebut kondisi data layanan imigrasi yang kini dialihkan ke Amazon Web Service (AWS) telah aman. Pemindahan data ini dilakukan usai terjadinya serangan siber pada 17 Juni 2024.

"Sekarang masih di situ (AWS). Bagus kok, lengkap, enggak ada kendala," tegas Yasonna usai menghadiri rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajaran menteri terkait serangan siber Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Meski diklaim aman dari kebocoran, Yasonna belum dapat memastikan kapan data imigrasi tersebut akan dikembalikan ke PDN.

"Ya, kita lihat saja nanti perkembangannya," pungkas Yasonna.

Sebagai informasi, layanan imigrasi Kemenkumham  menjadi salah satu layanan yang terdampak akibat serangan ransomware. Akibatnya, banyak permintaan pembuatan dan perpanjangan paspor tidak dapat dilayani.

Tak hanya itu, serangan siber pada data imigrasi juga menghambat proses keberangkatan calon penumpang di bandar udara dan juga pelabuhan.


Sumber: https://xcloud.id/pdn-diserang-ransomware-menkumham-sebut-data-imigrasi-aman-di-amazon/
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Yasonna Laoly,
companies Amazon,
institutions Amazon Web Service (AWS),
products Paspor,
places DKI Jakarta,
cases serangan siber,