Alami Gangguan Siber, Dirjen Imigrasi Jamin Layanan Keimigrasian Pulih 100 Persen

  • 28 Juni 2024 22:25:39
  • Views: 1

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim memastikan layanan keimigrasian sudah pulih sepenuhnya setelah mengalami gangguan akibat insiden serangan ransomware ke Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).

"Hari ini kita sudah memastikan seluruh layanan keimigrasian dari perlintasan, kemudian visa online, izin tinggal, dan paspor sudah recover 100%," katanya saat Konferensi Pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (28/6/2024).

Silmy menjamin berbagai layanan imigrasi bagi publik sudah tidak terganggu lagi. Dia mencontohkan dalam pengurusan paspor telah kembali pulih dan berjalan baik. Dia pun memberikan panduan bagi masyarakat jika ingin menggunakannya aplikasi M-Passport.

"Ya karena kita melakukan install ulang (M-Passport) sehingga kalau buat pemohon, lakukanlah reset ulang karena kalau masih pakai yang lama itu kadang-kadang tidak nyambung. Sehingga kesannya masih belum baik. Padahal itu tinggal di-setting ulang, atau reset, di-delete, install lagi, itu biasanya lancar untuk kaitan dengan M-Passport," jelasnya.

Lebih lanjut, dia menerangkan kepastian layanan keimigrasian telah pulih setelah pihaknya terus melakukan langkah-langkah mitigasi untuk perbaikan.

"Makanya saya langsung mengontak Menteri Hukum dan HAM selaku atasan kami. Mohon izin untuk kita menyiapkan data center alternatif. Karena kalau saya biarkan, keputusan itu tidak dilakukan cepat, maka layanan akan sangat terganggu. Langsung kita persiapkan itu memakan waktu kurang lebih 24 jam untuk menyiapkan data center baru untuk kesisteman lalu kita bisa di-install," jelasnya.

Namun, meski layanan keimigrasian sudah dapat digunakan 100%, dia menjelaskan dalam pemulihan tetap memerlukan stabilitas layanan yang membutuhkan proses.

"Alhamdulillah sudah berhasil di-recover 100%, walaupun tentu kita pasti masih ada satu-dua yang mungkin ada gangguan sedikit-sedikit, menunggu kestabilan tetapi sudah recover," tuturnya.

Hal tersebut mengingat, ada sebanyak 431 layanan yang tersebar di seluruh Indonesia dan 151 layanan di luar negeri yang perlu datanya dipulihkan kembali.


Sumber: https://xcloud.id/alami-gangguan-siber-dirjen-imigrasi-jamin-layanan-keimigrasian-pulih-100-persen/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Silmy Karim,
companies Visa,
ministries Dirjen Imigrasi,
products Paspor,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Kebayoran Baru,
cases HAM,