Rusia Isyaratkan Membuat Rudal yang Sebelumnya Dilarang

  • 29 Juni 2024 01:55:26
  • Views: 1

Jakarta -

Rusia harus mulai memproduksi rudal jarak menengah yang sebelumnya dilarang. Rencana itu muncul untuk memperingati Amerika Serikat (AS).

Dilansir AFP Sabtu (29/6/2024), Rusia harus mulai memproduksi rudal jarak menengah yang sebelumnya dilarang, kata Presiden Vladimir Putin pada hari Jumat, ketika Moskow memperingatkan Amerika Serikat bahwa penerbangan pengintaian drone di Laut Hitam berisiko menimbulkan bentrokan militer "langsung".

Seruan untuk meningkatkan persenjataan militer Rusia yang muncul beberapa hari setelah Moskow dengan marah menyalahkan Washington atas serangan Ukraina di semenanjung Krimea yang dianeksasi. Menurut Rusia, mereka menggunakan rudal ATACMS yang dilengkapi dengan munisi tandan yang dipasok AS, dan menewaskan empat orang.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Rusia telah berjanji akan memberikan tanggapan keras terhadap apa yang mereka sebut sebagai peningkatan keterlibatan AS dalam konflik tersebut.

Dalam pidato yang disiarkan televisi kepada para pejabat tinggi keamanannya, Putin mengatakan Rusia perlu mulai memproduksi rudal yang sebelumnya dilarang berdasarkan perjanjian Perang Dingin yang sekarang sudah tidak berlaku lagi.

Dia mengatakan AS baru-baru ini mengirim rudal jarak menengah - yang mampu menyerang sasaran pada jarak 500 hingga 5.500 kilometer (300-3.400 mil) - ke Denmark untuk latihan.

"Kita perlu bereaksi terhadap hal ini dan mengambil keputusan tentang apa yang harus kita lakukan selanjutnya dalam bidang ini. Tampaknya kita perlu mulai memproduksi sistem serangan ini," kata Putin.

"Dan kemudian, berdasarkan realitas situasi aktual, buatlah keputusan tentang di mana akan mengerahkan mereka demi keamanan kita," katanya.

Rudal semacam itu, yang mampu membawa hulu ledak nuklir, sebelumnya dilarang berdasarkan Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah (INF), tetapi Washington mengakhiri perjanjian tersebut pada tahun 2019, menyalahkan Rusia karena tidak mematuhi ketentuan-ketentuannya.

Saat itu, Putin mengatakan Rusia akan tetap berpegang pada moratorium produksi.

(aik/aik)
Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7414256/rusia-isyaratkan-membuat-rudal-yang-sebelumnya-dilarang
Tokoh



Graph

Extracted

persons Vladimir Putin,
topics Moratorium,
nations Amerika Serikat, Denmark, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cities Moskow, Washington,