FKUB Kalsel siap jadi pengawas partisipatif di Pilkada 2024

  • 29 Juni 2024 00:19:53
  • Views: 1

Banjarmasin (ANTARA) -

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan siap ikut berperan menjadi pengawas partisipatif di Pilkada serentak 2024.

 

 

Dia mengatakan, ada tiga hal yang dapat masuk FKUB untuk mewujudkan Pilkada serentak di provinsi ini, yakni, pada 13 kabupaten/kota dan provinsi berjalan demokratis.

 

 

Sedangkan yang kedua, kata Bayani, terkait politik uang yang harus bisa dicegah agar tidak mencederai pesta demokrasi memilih pimpinan daerah ini.

 

 

Sedangkan yang ketiga, tutur Bayani, politisasi agama demi memenangkan kekuasaan.

 

 

Dia pun menyampaikan, bahwa FKUB akan terus berperan demi kedamaian dan terjaganya toleransi antar umat beragama, meskipun harus beda pilihan di Pemilu.

 

 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalsel Aries Budiono menyampaikan apresiasi terhadap lembaga seperti FKUB Kalsel berkenan untuk menjadi pengawas partisipatif di Pilkada serentak 2024.

 

 

Tahapan Pilkada serentak 2024, menurut dia, sudah dimulai, di mana saat ini dilakukan pendataan pemilih, di mana semua pihak harus terlibat mengawasi hingga tidak ada satu orang pun yang berhak tertinggi di pesta demokrasi ini.

 

 

Karenanya Bawaslu pada proses validasi data pemilih untuk Pilkada serentak pada 27 November 2024 ini sangat konsen, dengan harapan dibantu semua lembaga dan organisasi yang menjalin kerja sama.

 

"Setidaknya, kalau kita tidak bisa menghadirkan demokrasi yang substansial, setidaknya demokrasi yang prosedural kita jaga," ujarnya.

Pewarta: Sukarli
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024


Sumber: https://www.antaranews.com/berita/4173558/fkub-kalsel-siap-jadi-pengawas-partisipatif-di-pilkada-2024
Tokoh



Graph

Extracted

persons Abhan,
ministries Bawaslu,
events Pilkada Serentak,
places KALIMANTAN SELATAN,
cities Banjarmasin,