BMKG Sebut Suhu di Indonesia Naik Signifikan, KLHK Minta Generasi Muda Bersama Cari Solusi

  • 28 Juni 2024 21:25:44
  • Views: 4

SURABAYA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar workshop bertajuk "Peran Generasi Muda dalam Mitigasi Urban Heat Island" di Gedung Research Center ITS Surabaya, Rabu (26/06/2024).

Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta pengetahuan mengenai fenomena Urban Heat Island (UHI) di kalangan generasi muda.

Workshop ini diikuti oleh 325 peserta yang hadir secara luring dan daring yang menghadirikan berbagai tokoh penting yaitu Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, MSc., PhD; Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Ir. Sigit Reliantoro, MSc.; dan Rektor ITS Ir. Bambang Pramujati, ST, MSc. Eng., PhD. Selain itu, acara ini juga menggandeng Institut Hijau Indonesia sebagai mitra kolaborasi.

Dalam sambutannya, Rektor ITS, mengungkapkan bahwa fenomena UHI adalah peningkatan suhu yang signifikan di daerah perkotaan akibat kepadatan bangunan dan aktivitas industri.

"Fenomena ini semakin parah setiap tahunnya, ditandai dengan suhu yang terus meningkat," ujar Bambang. Ia juga menekankan pentingnya upaya mitigasi untuk meminimalisasi dampak lingkungan dari perkembangan industri yang tak terhindarkan.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, memaparkan bahwa seluruh kota di Indonesia mengalami peningkatan suhu yang signifikan, berkisar antara 0,2 hingga 1 derajat Celsius per 30 tahun. Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa konsentrasi karbon di udara kini mencapai 415 ppm, menandakan tren peningkatan konsentrasi karbon tiap tahunnya.

Dwikorita menggarisbawahi pentingnya peran data dalam analisis dan proyeksi perubahan iklim. "Tugas utama BMKG adalah melakukan monitoring secara sistematis dan berkelanjutan agar analisis prediksi dan proyeksi dapat dilakukan dengan data puluhan bahkan ratusan tahun," tegasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Direktur Jenderal KLHK, Sigit Reliantoro, menegaskan bahwa solusi untuk mengatasi UHI adalah melalui gerakan "climate optimism". "Masyarakat harus terhubung satu sama lain, terus memperbarui informasi terkait UHI, fokus mencari solusi, dan terus berupaya mengedukasi yang lain. Pola pikir ini adalah langkah awal penyelesaian UHI," tuturnya.

Implementasi program-program mitigasi Urban Heat Island (UHI) oleh KLHK masih menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam hal koordinasi antar lembaga dan partisipasi masyarakat yang belum optimal. Oleh karena itu, peran generasi muda sangat diharapkan sebagai tonggak dalam mitigasi UHI.

Generasi muda dapat berkontribusi melalui edukasi dan kesadaran lingkungan dengan mengkampanyekan pentingnya ruang terbuka hijau dan praktik ramah lingkungan melalui media sosial dan kegiatan komunitas. Selain itu, mereka dapat mengembangkan solusi teknologi untuk mengurangi efek UHI, seperti aplikasi untuk pemantauan kualitas udara dan suhu, inovasi dan penerapan desain bangunan ramah lingkungan.

Partisipasi aktif generasi muda dalam kegiatan penghijauan dan program lingkungan lainnya di komunitas masing-masing juga sangat penting untuk mendukung upaya mitigasi UHI. Generasi muda juga dapat menjadi pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan-keputusan.

Untuk mengurangi dampak Urban Heat Island (UHI), KLHK memiliki beberapa program, termasuk Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) dan Indeks Respon Lingkungan Hidup (IRLH). Program ini mencakup Program Langit Biru untuk meningkatkan indeks kualitas udara (IKU) dan Program Indonesia Hijau untuk meningkatkan indeks kualitas lahan (IKL). Tujuan utama program ini adalah mendorong pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup, terutama terkait polusi udara dan penghijauan.

Dorong Penggunaan Energi Bersih

Langkah-langkah yang diambil termasuk mendorong penggunaan energi bersih bagi industri, transisi ke kendaraan listrik, uji emisi kendaraan bermotor, peningkatan jumlah dan kualitas ruang terbuka hijau di perkotaan, serta penanaman pohon.

IKLH dan IRLH berperan penting dalam mengukur, mengevaluasi, dan mendorong implementasi yang efektif. Pada tahun 2023, nilai IKU meningkat menjadi 88,67 (meningkat 0,51 poin) dan nilai IKL meningkat menjadi 61,79 (meningkat 1,07 poin), menunjukkan bahwa upaya pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan memberikan hasil positif dan berdampak positif pada mitigasi UHI, namun masih perlu untuk tetap ditingkatkan seiring pembangunan dan peningkatan sumber emisi yang terus meningkat.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara ITS dan BMKG untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan BMKG dalam mencetak 500 doktor baru guna meningkatkan kualitas dan kinerja lembaga tersebut.

Workshop Urban Heat Island 2024 diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan berkontribusi dalam upaya mitigasi perubahan iklim di wilayah perkotaan. Dengan kolaborasi yang kuat antara KLHK, BMKG dan ITS, serta dukungan dari berbagai pihak, diharapkan langkah-langkah mitigasi dapat lebih efektif dan terarah.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/06/28/519/3027542/bmkg-sebut-suhu-di-indonesia-naik-signifikan-klhk-minta-generasi-muda-bersama-cari-solusi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Dwikorita Karnawati,
companies Google, WhatsApp,
ministries BMKG,
institutions ITS Surabaya,
topics Listrik,
fasums RTH,
products kendaraan listrik,
nations Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Surabaya,