Deklarasi Damai Tak Ada Arti Sebab Tawuran di Bassura Lagi-lagi Terjadi

  • 28 Juni 2024 21:08:31
  • Views: 1

Jakarta -

Aksi tawuran antar warga kembali pecah di Jalan Basuki Rahmat (Bassura) Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim). Meski sudah ada deklarasi damai namun tawuran tak tetap terjadi.

Tawuran tersebut melibatkan warga RW 01 dan RW 02 pada Kamis (27/6) sekitar pukul 05.30 WIB. Para pelaku tawuran itu menggunakan berbagai benda seperti batu, petasan dan senjata tajam.

Tawuran kali ini terjadi dipicu warga saling ejek. Pada awal tahun lalu, telah dibuat deklarasi damai buntut terjadinya tawuran serupa.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Deklarasi damai diteken perwakilan warga RW 01 dan RW 02 di Taman Bassura pada Minggu (28/1). kata Kapolres Metro Jaktim Kombes Nicolas Ary Lilipaly mengatakan ada sejumlah faktor yang menyebabkan tawuan kembali terjadi.

Dia merinci seperti faktor ekonomi, pendidikan, kehidupan sosial dan budaya. Selain itu juga pengawasan orang tua yang kurang.

"Ada rasa dendam dan kepuasan diri sendiri dan lainnya," kata Nicolas, Jumat (28/6/2024).

Polres Jakarta Timur sudah melakukan berbagai upaya, baik preventif dan represif. Upaya tersebut dilakukan agar tawuran tak terulang kembali.

"Tawuran ini terjadi diawali dari adanya aksi saling ejek dari masing-masing kelompok. Kemudian, adanya aksi balas dendam dengan aksi sebelumnya," kata Kapolres Metro Jaktim Kombes Nicolas Ary Lilipaly, Jumat (28/6/2024).

Aksi tawuran yang terjadi itu membuat warga sekitar resah dan mengganggu pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut. Tawuran tersebut membuat arus lalu lintas sempat terganggu.

"Kami juga telah memprakarsai deklarasi damai antara kedua belah pihak warga tersebut," kata dia.

Fasilitas Rusak

Selain meresahkan warga, aksi tawuran itu menyebabkan sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan. Tak Ada korban luka atau jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Pagar taman mengalami kerusakan. Ini sudah beberapa kali rusak, diperbaiki tapi dirusak lagi," kata petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) setempat Dedi Setiawan.

Tak hanya itu, banyak batu berserakan di taman dan jalan, sehingga petugas PPSU bersama-sama membersihkan batu-batu tersebut.

(dek/aik)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7414108/deklarasi-damai-tak-ada-arti-sebab-tawuran-di-bassura-lagi-lagi-terjadi
Tokoh

Graph

Extracted

ministries PPSU,
places DKI Jakarta,
cities Cipinang, Cipinang Besar Utara, Jatinegara,
cases Tawuran,