Pemulihan PDN Imbas Serangan Ransomware Diprediski Selesai Akhir Juli 2024, Ini Penjelasan Menkominfo

  • 28 Juni 2024 21:00:18
  • Views: 1

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Proses pemulihan gangguan akibat peretasan atau serangan ransomware diperkirakan selesai hingga akhir Juli 2024.

Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, saat rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Dia menjelaskan, strategi pemulihan layanan jangka pendek dilakukan selama periode 20 Juni-30 Juli 2024. Ketua Umum Projo ini mengutarakan, pihaknya telah melakukan pembagian tugas dalam proses pemulihan ini.

"Setelah kita melakukan koordinasi dan rapat-rapat maraton, kami sudah memutuskan to do list dari masing-masing Kementerian/lembaga dan tugasnya," kata Budi.

Pertama, lanjut Budi, respons cepat yang dilakukan oleh Kominfo, KSO PDNS, Kementerian/Lembaga dan daerah yang telah dilakukan pada Minggu ketiga Juni 2024. Kedua, melakukan inventarisasi tenant terdampak yang dilakukan oleh Kominfo, KSO PDNS, Kementerian/lemaga dan daerah di akhir atau pada pekan ketiga Juni 2024.

"Sirkulasi surat kewajiban backup. Jadi Kominfo, KSO PDNS dan Kementerian lembaga daerah sampai dengan Minggu keempat bulan Juni," ucap Budi.

Di sisi lain, penyusunan strategi dan pedoman recovery layanan ditargetkan pada pekan depan bisa diselesaikan. "Nah forensik, Kominfo KSO PDNS dan Bareskrim diharapkan dalam Minggu pertama Juli sudah jelas," ujar Budi.

Ada pun, penyusunan shortlist dan pemulihan layanan prioritas yang akan dilakukan Kominfo KSO PDNS Kementerian lembaga daerah diharapkan sampai akhir Juli bisa dilakukan pemulihan secara total.

"Pemulihan layanan yang memiliki backup, ini dilakukan oleh Kominfo, KSO PDNS, BSSN, Kementerian/lembaga/ daerah diharapkan akhir Juli sudah selesai," tandasnya. (jpg)


Sumber: https://fajar.co.id/2024/06/28/pemulihan-pdn-imbas-serangan-ransomware-diprediski-selesai-akhir-juli-2024-ini-penjelasan-menkominfo/?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Budi Arie Setiadi,
ministries BSSN, DPR RI, Kemenkominfo, Komisi I DPR,
places DKI Jakarta,
cities Senayan,