Bawaslu Lampung Selatan Luncurkan Posko Kawal Hak Pilih

  • 28 Juni 2024 20:08:17
  • Views: 4

Lampung Selatan (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan resmi meluncurkan Posko Kawal Hak Pilih dalam rangka mengawal secara ketat pelaksanaan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih jelang Pilkada Serentak Tahun 2024.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan, Khoirul Anam, di Kalianda, Kamis mengatakan, dengan peluncuran Posko tersebut, masyarakat yang memiliki kendala terkait hak pilih selama penyusunan daftar pemilih dapat melalui posko tersebut.

"Pada pelaksanaan Pemilihan serentak Tahun 2024 masyarakat dapat menyampaikan nya melalui Posko Kawal Hak Pilih di tiap tingkatan, terutama di tingkat Desa/Kelurahan oleh PKD, di tingkat Kecamatan oleh Panwaslu Kecamatan dan di tingkat Kabupaten oleh Bawaslu Kabupaten atau melalui media sosial Bawaslu terdekat," kata dia.

. Bawaslu Lampung buka 2.899 posko aduan Kawal Hak Pilih

Ia menyebutkan, Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan telah mendirikan Posko atau saluran pengaduan masyarakat tersebut dilakukan secara serentak di Kantor Bawaslu Lampung Selatan serta 17 Kecamatan dan 260 Kelurahan atau Desa pada Kamis, 27 Juni 2024.

Menurutnya, hal itu dilakukan sebagai upaya Bawaslu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta partisipasinya dalam menjaga hak konstitusinya.

. Bawaslu Bandarlampung buka Posko Kawal Hak Pilih

Anam menjelaskan, Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan berkomitmen menindak setiap pelanggaran dan memastikan bahwa proses demokrasi di Kabupaten Lampung Selatan berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Fokus utama Posko Kawal Hak Pilih ini adalah memastikan bahwa hak pilih warga negara dihormati dan dilindungi. Bawaslu tidak hanya melakukan pengawasan secara langsung, akan tetapi mengajak seluruh lapisan masyarakat secara aktif dalam mengawasi dan melaporkan jika ada indikasi pelanggaran," ujar dia.

. Bawaslu Bali kawal hak pilih penyandang disabilitas di Pemilu 2024
. Bawaslu Sulsel patroli kawal hak pilih masyarakat adat

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024


Sumber: https://www.antaranews.com/berita/4171404/bawaslu-lampung-selatan-luncurkan-posko-kawal-hak-pilih
Tokoh



Graph

Extracted

persons Gunawan,
ministries Bawaslu,
topics Pemilu 2024,
events Pilkada Serentak,
places LAMPUNG, SULAWESI SELATAN,