Mobil-Motor Tua Dilarang Masuk Jakarta Masih Wacana

  • 28 Juni 2024 13:00:57
  • Views: 1

Jakarta, CNN Indonesia --

Pembatasan usia kendaraan bermotor di Jakarta sudah punya dasar aturan tetapi penerapannya sejauh ini masih wacana karena belum ada regulasi turunannya, yakni peraturan daerah (perda).

Anggota Komisi D DPRD Jakarta Dedi Supriadi menjelaskan Pemerintah Provinsi Jakarta punya kewenangan mengatur batasan usia dan jumlah kendaraan berlandaskan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ).

Namun hingga kini dia sebut langkah konkrit menuju pembentukan perda belum ada.

"Memang DKI memiliki kewenangan dan itu boleh diambil atau tidak. Dan pembahasannya pun harus melibatkan DPRD. Sejauh ini tidak ada wacana untuk itu," ucapnya dikutip Antara, Rabu (27/6).

Dedi menilai masih perlu pembahasan bila ingin menerapkan pembatasan usia kendaraan sebab menurut dia akan memberatkan masyarakat. Khususnya kalangan ekonomi menengah ke bawah yang memakai kendaraan untuk mencari nafkah.

"Masyarakat ternyata masih membutuhkan kendaraannya untuk mencari nafkah," ucap Dedi.

Kendati demikian ia mendorong pembatasan usia kendaraan bermotor di Jakarta. Pasalnya, Jakarta masih menempati posisi teratas sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Terlebih, Dedi menilai polusi udara di Jakarta tidak hanya bersumber dari Jakarta saja, tetapi juga dari daerah sekitarnya.

Tak hanya polusi udara, kemacetan pun menjadi masalah lain di Jakarta. Upaya penanggulangan disebut telah dilakukan melalui sistem ganjil-genap, tetapi Dedi menyatakan masalah ini masih terus terjadi.

"Kalau soal polusi udara harus dikaji secara ilmu pengetahuan dan perlu kejujuran apakah PLTU atau apa penyebab lainnya. Sementara untuk kemacetan kami upayakan dengan menyediakan transportasi massal," katanya.

Lembaga Survei KedaiKOPI mengungkap hasil survei opini publik yang mereka lakukan, yakni 49,2 persen warga tidak setuju pembatasan usia kendaraan di Jakarta karena faktor ekonomi.

Sedangkan 40,2 persen setuju terhadap pembatasan usia kendaraan, dan 10,6 persen tidak memiliki pendapat yang jelas.

"Memang kalau kami lihat sebagian besar tidak setuju dengan pembatasan usia kendaraan," kata Direktur Riset dan Komunikasi Lembaga Survei KedaiKOPI Ibnu Dwi Cahyo.

Dia mengatakan hasil survei terhadap 445 responden dari Jakarta dan sekitarnya itu diambil daei responden mayoritas berusia 17-55 tahun.

(can/fea)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20240628103809-579-1115215/mobil-motor-tua-dilarang-masuk-jakarta-masih-wacana
Tokoh



Graph

Extracted

persons Dedi Supriadi,
ministries DPRD,
ngos KedaiKopi,
topics Sistem Ganjil-Genap,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases Kemacetan,