Pansel Jamin Tak Cuma Duduk Manis Tunggu Capim KPK Mendaftar

  • 28 Juni 2024 06:56:10
  • Views: 2

Jakarta -

Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman berharap Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK menjemput bola ke sosok yang dinilai tepat mendaftar sebagai capim. Ketua Pansel Capim KPK Muhammad Yusuf Ateh mengatakan apa yang disampaikan Habiburokhman tersebut tepat.

"Udah benar itu Pak Habiburokhman," kata Yusuf Ateh kepada wartawan, Kamis (27/6/2024).

Yusuf mengatakan Pansel Capim KPK akan mendatangi tokoh yang dianggap layak untuk mendaftar jadi Capim KPK. Dia mengatakan tokoh-tokoh itu akan didorong untuk mendaftar.

Wakil Ketua Pansel KPK Arif Satria mengatakan Pansel Capim KPK kali ini tidak hanya duduk manis. Dia mengatakan Pansel Capim KPK telah melakukan aksi jemput bola.

"Ini fotonya kita jemput bola," kata Arif sambil menunjukkan foto kegiatan sosialisasi menjaring Capim KPK di Surabaya pada Kamis (27/6).

Kegiatan Pansel Capim KPK di Surabaya, 27 Juni 2024 Foto: dok.istimewa

"Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi masa jabatan tahun 2024-2029 melaksanakan pertemuan dengan perwakilan universitas dan lembaga swadaya masyarakat. Pertemuan berlangsung di Surabaya pada tanggal 27 Juni 2024. Pada pertemuan ini, Panitia Seleksi menjaring banyak masukan terkait pelaksanaan seleksi," katanya.

Pernyataan Habiburokhman

Pendaftaran capim dan Dewas KPK telah dibuka sejak Rabu (26/6). Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman berharap Pansel juga menjemput bola ke sosok yang dinilai tepat.

"Kami berharap Pansel jangan hanya duduk manis menunggu orang daftar seperti pencari kerja. Mereka bisa hubungi atau datangi figur-figur yang pantas agar bersedia mendaftar dan ikut seleksi," ujar Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (27/6).

"Banyak figur bersih di kepolisian, kejaksaan, pengadilan, akademisi, termasuk DPR, yang menurut saya harus didorong untuk daftar," tambahnya.

201 Orang Registrasi Akun

Pansel Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK mengungkap sudah ada 201 orang yang registrasi akun. Sebanyak delapan orang di antaranya sudah mengunggah dokumen persyaratan.

"Per tanggal 27 Juni 2024, jumlah orang telah registrasi akun sebanyak 201 orang. Jumlah pendaftar untuk seleksi Calon Pimpinan KPK masa jabatan tahun 2024-2029 sebanyak empat orang dan untuk Calon Dewan Pengawas KPK masa jabatan tahun 2024-2029 sebanyak empat orang," kata Arif Satria.

Arif berharap jumlah pendaftar terus bertambah. Dia mendorong orang-orang berintegritas untuk mendaftar.

"Panitia Seleksi mendorong semakin banyak masyarakat Indonesia yang kompeten dan berintegritas yang ikut serta mendaftar pada seleksi ini," ujarnya.

(aik/haf)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7412557/pansel-jamin-tak-cuma-duduk-manis-tunggu-capim-kpk-mendaftar
Tokoh









Graph