Novel Baswedan-Eks Raja OTT Mau Daftar Capim KPK, tapi Tunggu Putusan MK

  • 27 Juni 2024 19:31:49
  • Views: 1

Jakarta -

Pendaftaran calon pimpinan (capim) KPK dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK telah dibuka sejak 26 Juni. Sebanyak 12 mantan pegawai KPK yang tergabung dalam IM57+Institute menyatakan siap mendaftar capim KPK.

"Betul, beberapa anggota IM57 Institute bermaksud mendaftar Capim KPK berdasarkan beberapa pertimbangan," kata Ketua IM57+Institute, M Praswad Nugraha, kepada wartawan, Kamis (27/6/2024).

Praswad mengatakan 12 mantan pegawai KPK ini mengaku prihatin melihat kondisi KPK. Praswad juga menyoroti serangkaian pelanggaran kode etik yang dilakukan pimpinan KPK saat ini.

"Tergerusnya kepercayaan publik ke KPK sudah sampai di level terendah dibandingkan delapan Lembaga negara berdasarkan survei Litbang Kompas minggu yang lalu," ujar Praswad.

"Maka kami terpanggil untuk mendaftar dan memperbaiki KPK kembali ke latar belakang pendiriannya sebagai anak kandung reformasi, lembaga independen dan berintegritas yang menjadi harapan terakhir dari seluruh rakyat Indonesia," sambungnya.

Praswad menjadi satu dari 12 mantan pegawai KPK yang bersiap maju mendaftar capim KPK. Selain itu, ada Harun Al Rasyid yang pernah dikenal sebagai 'Raja Operasi Tangkap Tangan (OTT)' hingga mantan penyidik senior Novel Baswedan.

Namun, langkah pendaftaran dari 12 mantan pegawai KPK tersebut kini masih menunggu hasil gugatan mereka di Mahkamah Konstitusi (MK). Praswad dkk diketahui bulan Mei lalu menggugat ke MK perihal batas usia pimpinan mereka.

Dalam gugatannya, mereka berharap MK mengembalikan syarat usia calon pimpinan KPK menjadi 40 tahun serta adanya minimum pengalaman sebagai pegawai KPK selama satu periode kepemimpinan KPK 5 tahun menjadi dasar dalam pengajuan ini. Praswad mengatakan jika gugatan itu dikabulkan sebelum batas akhir pendaftaran, 12 mantan pegawai KPK tersebut segera mendaftar sebagai capim KPK.

Berikut 12 mantan pegawai KPK yang bersiap ikut daftar capim KPK:

1. Mochamad Praswad Nugraha
2. ⁠⁠Novel
3. Harun Al Rasyid
4. ⁠Budi Agung Nugroho
5. ⁠Andre Dedy Nainggolan
6. ⁠Herbert Nababan


7. ⁠Andi Abd Rachman Rachim
8. Rizka Anungnata
9. ⁠Juliandi Tigor Simanjuntak
10. ⁠March Falentino
11. ⁠Farid Andhika
12. ⁠Waldy Gagantika.

(ygs/haf)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7412174/novel-baswedan-eks-raja-ott-mau-daftar-capim-kpk-tapi-tunggu-putusan-mk
Tokoh



Graph

Extracted

persons Novel Baswedan,
companies Litbang Kompas,
ministries KPK, MK,
topics OTT KPK,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,