Apple Siapkan Vision Pro Murah, Ini Bedanya dengan yang Mahal

  • 27 Juni 2024 16:00:19
  • Views: 1

Jakarta -

Apple disebut tengah mengembangkan versi alternatif yang lebih murah dari Vision Pro. Apa bedanya dengan yang mahal?

Vision Pro adalah headset canggih dengan harga yang menjulang, mencapai USD 3.500 atau sekitar Rp 57 juta. Nah, mereka saat ini disebut tengah mengembangkan headset baru dengan kode N107 yang kabarnya lebih murah dari itu.

Fitur-fitur inti headset N107 ini bakal sama dengan Vision Pro, namun untuk membuat harganya lebih murah kabarnya headset ini akan bergantung pada sambungan ke iPhone ataupun Mac, berbeda dengan Vision Pro yang bisa beroperasi secara independen, tanpa perlu terhubung ke iPhone dan Mac terus menerus.

Selain itu, menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg, Vision Pro murah ini juga akan punya ruang pandang (field of view) yang lebih sempit dibanding Vision Pro versi mahal, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Rabu (26/6/2024).

Selain N107 Apple pun menurutnya sedang mengembangkan Vision Pro versi dua dengan kode N109. Headset tersebut kabarnya akan punya chip yang lebih kencang serta kemampuan kamera eksternal yang lebih tinggi.

Vision Pro N107 yang lebih murah kabarnya akan meluncur pada akhir 2025, sementara Vision Pro N109 akan dirilis pada akhir 2026.

Gurman juga menyebut saat ini minat konsumen terhadap Vision Pro sudah merosot drastis, yang terlihat dari minat konsumen untuk menjajal Vision Pro, dan tentu saja dari penjualan Vision Pro dari berbagai peritel Apple yang menurun.

"Permintaan demo menurun drastis. Orang-orang yang sudah membuat janji temu sering kali tidak datang, dan penjualan - setidaknya di beberapa lokasi - turun dari beberapa unit sehari menjadi hanya segelintir unit dalam sepekan," kata Gurman.

Padahal saat Apple membuka pre-order Vision Pro pada bulan Januari, produk ini langsung terjual 180.000 unit. Saat penjualan perdana dibuka, fanboy Apple berduyun-duyun mengantre di toko untuk menjajal perangkat ini serta mengambil pesanannya.

Walau penjualannya mulai melemah, Apple tidak berhenti mempromosikan Vision Pro. Produsen iPhone ini memasang promo besar untuk Vision Pro di website resminya.

Turunnya popularitas Vision Pro mengikuti masalah yang sudah lama menghantui perangkat virtual/augmented reality (VR/AR) yaitu mempertahankan engagement pengguna agar mau menggunakan perangkat itu setiap hari.

Sejumlah anekdot pengguna Vision Pro di media sosial mengaku mereka semakin jarang menggunakan perangkat mixed reality tersebut.

Simak Video "Nggak Cuma di AS, Apple Vision Pro Bakal Dijual di China-Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)


Sumber: https://inet.detik.com/consumer/d-7411618/apple-siapkan-vision-pro-murah-ini-bedanya-dengan-yang-mahal
Tokoh



Graph

Extracted

persons Mark,
companies Bloomberg,
products iPhone,
nations Republik Rakyat Cina, Singapura,
places DKI Jakarta,
brands Apple,