Daftar 5 Spektrum Frekuensi yang Akan Dilepas Kominfo Hingga Tahun Depan

  • 27 Juni 2024 17:00:29
  • Views: 2

Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membocorkan jadwal lelang frekuensi 700 MHz dan 26 GHz. Hal ini menjadi penantian operator seluler yang ingin meningkatkan kualitas layanan hingga mengadopsi teknologi terbaru, seperti jaringan 5G.

Direktur Penataan Sumber Daya Ditjen SDPPI, Kementerian Kominfo, Denny Setiawan, mengatakan berencana untuk secepatnya melakukan lelang frekuensi kedua band tersebut.

"Kalau kami tentu ingin secepatnya untuk mendukung meningkatnya jaringan telekomunikasi dan teknologi di Indonesia, tetapi aturannya (lelang) masih terus kami godok," ujar Denny di acara Selular Awards 2024 seperti keterangan tertulis yang diterima detikINET.

Sebagai informasi, frekuensi 700 MHz yang sebelumnya dipakai untuk penyiaran analog, kini menghasilkan digital dividen 112 MHz setelah diterapkannya penghentian siaran TV analog dan dialihkan TV digital atau dikenal dengan Analog Switch Off (ASO). Dari 112 MHz itu, 2 x 45 MHz atau 90 MHz dialokasikan untuk layanan telekomunikasi.

Adapun, frekuensi 26 GHz yang rencana akan dilelang oleh Kominfo ini memiliki lebar pita 2,7 GHz. Dari keempat operator seluler yang beroperasi, semuanya menyatakan minat mengikuti lelang frekuensi 700 MHz dan 26 GHz.

Frekuensi 700 MHz memiliki keunggulan dari sisi jangkauannya yang luas. Sedangkan, frekuensi 26 GHz punya kelebihan dari band tinggi yang cocok digunakan untuk teknologi 5G.

Sementara itu, Director Ericsson Indonesia, Roni Nurmal Darmayusa menjelaskan jika pemanfaatan kecerdasan buatan atau AI harus ditopang dengan infrastruktur jaringan yang memadai seperti 5G.

"Jadi jika sudah ada 5G, industri teknologi dan telekomunikasi bisa mudah untuk menerapkan AI yang mumpuni," jelasnya.

Denny juga sebelumnya, mengungkapkan rencana Kominfo usai lelang frekuensi 700 MHz dan 26 GHz akan melepas tiga spektrum lagi, yaitu 2,6 GHz, 3,3 GHz, dan 3,5 GHz pada tahun 2025.

Sebagai informasi, pita frekuensi 2,6 GHz sedang digunakan untuk layanan penyiaran berbasis satelit atau broadcasting satellite service (BSS) dengan memanfaatkan bandwidth 150 MHz yang berada di rentang 2.520-2.670 MHz.

Kemudian, pita frekuensi 3,3 GHz dan 3,5 GHz ini dipakai untuk Broadband Wireless Access (BWA) dan fixed satellite service. Mayoritas lebar pita di spektrum 3,3 GHz sudah tersedia setelah selesainya migrasi BWA pada 2022, lalu untuk spektrum 3,5 GHz akan tersedia secara bertahap di wilayah tertentu.

Sedangkan rencananya dari 112 MHz di pita frekuensi 700 MHz, 2 x 45 MHz atau 90 MHz dialokasikan untuk layanan telekomunikasi. Sementara itu, pita frekuensi 26 GHz yang rencana akan dilelang oleh Kominfo ini memiliki lebar pita 2,7 GHz.

Simak Video "Batal Blokir X, Kominfo Siapkan Strategi Atasi Pornografi dan Judol"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)


Sumber: https://inet.detik.com/law-and-policy/d-7411652/daftar-5-spektrum-frekuensi-yang-akan-dilepas-kominfo-hingga-tahun-depan
Tokoh

Graph