Potret Ratusan Lapak PKL di Puncak Kini Rata dengan Tanah

  • 27 Juni 2024 18:23:34
  • Views: 1

Bogor -

Ratusan lapak pedagang kaki lima (PKL) di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, direlokasi karena tidak memiliki izin. Kini ratusan bangunan PKL itu telah rata dengan tanah.

Total ada 331 bangunan lapak PKL di Puncak, Bogor, yang dibongkar pada Senin (24/6/2024). Pembongkaran berlanjut hingga terjadi kericuhan yang berujung aksi pembakaran pada Selasa (25/6).

Hari ini, Kamis (27/6), petugas masih membersihkan sepanjang Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, dari sisa-sisa pembongkaran lapak pedagang. Pantauan detikcom di sepanjang Jl Raya Puncak, Bogor, tampak puing-puing sisa bangunan warung yang dibongkar Satpol PP.

Kayu-kayu penyangga dan papan tripleks yang digunakan sebagai dinding warung masih berserakan. Di lokasi lain, tampak sejumlah petugas Satpol PP masih membersihkan area sekitar Masjid Atta'awun, Cisarua, Kabupaten Bogor, dari sisa-sisa pembongkaran lapak pedagang. Satu unit alat berat digunakan untuk membantu mengangkat puing-puing warung yang dibongkar.

Warga duduk di atas puing sisa bangunan PKL di Puncak, Bogor, yang dibongkar Satpol PP. (M Sholihin/detikcom)

Sejumlah truk milik Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR Kabupaten Bogor tampak berjejer dan siap mengangkut sampah dan pusing sisa bongkaran. Petugas TNI dan Polisi juga tampak bersiaga untuk mengamankan lokasi.

Sementara itu, arus lalu lintas di lokasi tampak ramai lancar. Akan tetapi banyak kendaraan yang mengurangi kecepatannya untuk melihat proses pembongkaran sambil merekam menggunakan ponselnya.

Pembongkaran lapak pedagang di sepanjang Jl Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, dilakukan pada Senin (24/6) lalu. Proses pembongkaran juga sempat diwarnai penolakan oleh warga dan pedagang.

"Ini tinggal sisa-sisa, pembongkarannya mah udah hari Senin. Sekarang mah cuma nerusin, diangkutin itu kayu-kayunya," kata seorang warga bernama Sopian ditemui di lokasi, Kamis (27/6/2024).

Foto: Satpol PP Kabupaten Bogor mengangkut sisa-sisa lapak bangunan PKL di Puncak, Bogor. (M Sholihin/detikcom)

Pembongkaran PKL Ricuh

Diberitakan sebelumnya, aparat gabungan masih melakukan pembersihan puing-puing sisa bangunan yang dibongkar di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, siang tadi. Saat kegiatan berlangsung, masih ada bangunan yang berdiri.

"Kita melaksanakan kegiatan pembersihan dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup) pakai alat berat juga. Dari situ di Gantole ternyata ada bangunan belum dibongkar, bangunan WC sewaan ada 3 sama kamar juga di situ," kata Kabid Tibum Satpol PP Kabupaten Bogor, Rhama Kodara, kepada wartawan, Rabu (26/6/2024).

Peristiwa itu terjadi pada siang hari. Rhama mengatakan, saat itu, pemilik bangunan tidak terima dibongkar.

"Di situ si pemiliknya nggak terima, nggak mau dibongkar lagi aja. Kita mau ngeruk puingnya nggak terima. Akhirnya yang ngarahin backhoe PUPR disundul pakai kepala orang itu," ucapnya.

Ratusan lapak PKL di Puncak, Bogor, yang dibongkar Satpol PP kini telah rata dengan tanah. (M Sholihin/detikcom) (mea/dhn)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7412040/potret-ratusan-lapak-pkl-di-puncak-kini-rata-dengan-tanah
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Polisi, Satpol PP, TNI,
products PKL,
places JAWA BARAT,
cities Bogor,