BPJS Apresiasi Pemkab Ngawi Perluas Akses Layanan Kesehatan Lewat MPP

  • 27 Juni 2024 14:53:20
  • Views: 1

Jakarta -

BPJS Kesehatan mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Ngawi yang terus menggenjot perluasan akses layanan kesehatan bagi masyarakat. Salah satunya melalui kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP).

Diketahui, Pemkab Ngawi berhasil mencapai status Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Sampai dengan 31 Mei 2024, tercatat jumlah kepesertaan JKN di Kabupaten Ngawi sebesar 863.980 jiwa atau telah lebih dari 95%.

Capaian tersebut dinilai berkat sinergi dan kolaborasi yang kuat dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi dalam rangka pemenuhan data kepesertaan JKN. Selain itu juga dengan Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Ngawi terkait pemenuhan kecukupan kebutuhan anggaran sampai dengan Bulan Desember 2024.

"Kami mengucapkan terima kasih atas komitmen yang ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi yang secara serius memberikan perlindungan kesehatan untuk seluruh masyarakatnya ke dalam Program JKN. Tentu dalam mencapai status UHC ini bukan soal mudah. Namun, dengan komitmen yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan, hal ini membuktikan keseriusan Pemerintah Kabupaten Ngawi untuk memberikan perlindungan terhadap kesehatan seluruh masyarakatnya," kata Direktur Kepesertaan BPJS Kesehatan David Bangun dalam keterangan tertulis, Kamis (27/6/2024).

David menyebut dengan bertambahnya jumlah kepesertaan JKN di Kabupaten Ngawi, maka perlu upaya dalam memperluas akses bagi peserta. Di sisi lain, kata dia, pertumbuhan jumlah kepesertaan juga perlu berjalan seiring dengan peningkatan kerja sama dengan fasilitas kesehatan.

"BPJS Kesehatan telah bermitra dengan 42 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), enam Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), satu apotek Program Rujuk Balik (PRB) dan lima laboratorium. Tentu harapannya angka tersebut masih bisa dapat bertambah agar akses terhadap pelayanan kesehatan bagi peserta semakin terbuka luas sehingga peserta dapat semakin mudah mengakses pelayanan kesehatan," kata David.

Dia menjelaskan BPJS Kesehatan berupaya menghadirkan beragam inovasi guna memberikan kemudahan layanan bagi peserta. Di sisi pelayanan, BPJS Kesehatan telah menghadirkan Aplikasi Mobile JKN yang memiliki fitur telekonsultasi, skrining riwayat kesehatan, antrean online, hingga fitur i-Care JKN.

Sementara dari sisi kemudahan administrasi, pihaknya menyediakan layanan administrasi non tatap muka berbasis digital melalui Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), BPJS Kesehatan Care Center 165 hingga BPJS Online. Bukan hanya itu, BPJS Kesehatan juga turut berpartisipasi dalam Mal Pelayanan Publik (MPP).

Dalam kesempatan tersebut, David juga berkesempatan mengunjungi stand BPJS Kesehatan di dalam MPP Kabupaten Ngawi. Peserta JKN kini dapat dengan mudah mengurus pendaftaran, serta mendapatkan informasi terbaru mengenai Program JKN.

Dia berharap dengan keterlibatan BPJS Kesehatan di MPP Kabupaten Ngawi ini, bisa mendekatkan layanan kepesertaan kepada masyarakat.

"Melalui sinergi yang baik ini harapannya layanan yang diberikan semakin mudah sehingga peserta puas dalam mendapatkan pelayanan yang mereka butuhkan," tambah David.


Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7411473/bpjs-apresiasi-pemkab-ngawi-perluas-akses-layanan-kesehatan-lewat-mpp
Tokoh

Graph

Extracted

companies WhatsApp,
ministries BPJS, Dinkes,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Ngawi,