Presiden Kenya Akan Tarik RUU soal Kenaikan Pajak Buntut Demo Berdarah

  • 27 Juni 2024 16:56:01
  • Views: 1

Jakarta -

Presiden Kenya, William Ruto, mengatakan bahwa rancangan undang-undang (RUU) yang berisi kenaikan pajak dan kontroversial akan ditarik. Hal tersebut karena setelah lebih dari 20 orang tewas dan parlemen didesak oleh pengunjuk rasa yang menentang RUU tersebut.

Seperti dilansir AFP, Rabu (26/6/2024), Ruto memperingatkan bahwa penarikan RUU keuangan akan berarti kekurangan dana yang signifikan untuk program pembangunan yang dirancang untuk membantu petani hingga guru sekolah saat negara tersebut berjuang untuk menurunkan beban utang luar negerinya.

"Saya mengakui dan oleh karena itu saya tidak akan menandatangani RUU Keuangan tahun 2024 dan selanjutnya RUU tersebut akan ditarik," kata Ruto pada konferensi pers, seraya menambahkan: "Rakyat telah berbicara."

Pemerintahan Ruto terkejut dengan intensitas demonstrasi terhadap kenaikan pajak, dengan protes yang terjadi di seluruh negeri pada minggu lalu.

Unjuk rasa yang sebagian besar berlangsung damai berubah menjadi kekerasan pada Selasa (25/6) ketika anggota parlemen mengesahkan undang-undang tersebut dan polisi menembakkan peluru tajam ke arah massa yang mengobrak-abrik kompleks parlemen sampai sebagian terbakar.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Kenya yang didanai negara mengatakan telah mencatat 22 kematian dan 300 korban luka-luka, dan menambahkan bahwa mereka akan meluncurkan penyelidikan.

Frustrasi atas kenaikan biaya hidup meningkat pekan lalu ketika anggota parlemen mulai memperdebatkan rancangan undang-undang yang memuat kenaikan pajak.

Pemerintahan Ruto yang kekurangan uang mengatakan kenaikan tersebut diperlukan untuk membayar utang negara yang sangat besar, yaitu sekitar 10 triliun shilling ($78 miliar), setara dengan sekitar 70% PDB Kenya.

Langkah selanjutnya adalah menyerahkan RUU itu kepada Presiden William Ruto untuk ditandatangani dan diberlakukan secara resmi sebagai UU. Ruto memiliki waktu 14 hari untuk menandatangani RUU itu, atau menyerahkannya kembali ke parlemen jika dia keberatan dan akan dilakukan amandemen lebih lanjut.

Disetujuinya RUU itu memicu reaksi keras dengan unjuk rasa yang awalnya berlangsung seperti festival tiba-tiba berubah mencekam ketika jumlah demonstran bertambah. Tembakan gas air mata dilepaskan untuk membubarkan massa, namun demonstran nekat melakukan penyerbuan terhadap gedung parlemen di Nairobi pada Selasa (25/6), yang memicu kekacauan.

(rfs/idn)
Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7410500/presiden-kenya-akan-tarik-ruu-soal-kenaikan-pajak-buntut-demo-berdarah
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana,
ministries Polisi,
ngos Komnas HAM,
nations Kenya,
places DKI Jakarta,