Pansel Capim KPK Jangan Cuma Duduk Manis Menunggu

  • 27 Juni 2024 10:22:39
  • Views: 3

Jakarta -

Pendaftaran calon pimpinan (capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK telah resmi dibuka sejak Rabu kemarin. Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman berharap Panitia Seleksi (Pansel) juga menjemput bola ke sosok yang dinilai tepat.

"Kami berharap Pansel jangan hanya duduk manis menunggu orang daftar seperti pencari kerja. Mereka bisa hubungi atau datangi figur-figur yang pantas agar bersedia mendaftar dan ikut seleksi," ujar Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (27/6/2024).

"Banyak figur bersih di kepolisian, kejaksaan, pengadilan, akademisi, termasuk DPR, yang menurut saya harus didorong untuk daftar," tambahnya.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemudian, Habiburokhman juga berharap para capim yang dipilih nanti memiliki integritas. Dia berharap pimpinan KPK nantinya tidak problematik.

"Kami berharap tim Pansel bisa menjaring calon pimpinan yang berintegritas dan sekaligus berkualitas," ujarnya.

"Pimpinan KPK harus benar-benar bersih sehingga tidak bisa disandera dengan persoalannya sendiri. Di sisi lain, mereka juga mampu menjalankan tugas yang amat berat. Harus kuasa hukum secara substantif dan prosedural hingga detail juga," pungkasnya.

Hasil Pendaftaran Capim KPK Hari Pertama

Pendaftaran capim dan Dewas KPK dimulai pada 26 Juni. Pansel KPK mengungkap, per pukul 15.00 WIB, sudah ada 94 orang yang mendaftar akun, tapi belum mengunggah dokumen.

"Hari ini, 26 Juni 2024, adalah hari pertama pendaftaran calon pimpinan dan calon Dewas KPK. Hingga pukul 15.00 WIB sore ini, belum ada yang submit dokumen, namun sudah ada 94 orang yang register akun," kata Wakil Pansel KPK Arif Satria kepada wartawan.

Arif membeberkan, setelah berkas diunggah para pendaftar, Pansel akan melakukan verifikasi sesuai dengan persyaratan. Pendaftar yang lolos verifikasi akan diumumkan pada 24 Juli 2024.

"Usai berkas masuk ke Pansel nantinya, berkas-berkas akan diverifikasi kesesuaiannya dengan persyaratan yang tercantum dalam pengumuman. Selanjutnya, hasil dari verifikasi atas berkas tersebut akan diumumkan sebagai peserta yang lolos seleksi administrasi. Pengumuman tersebut akan dilaksanakan pada 24 Juli 2024," ujarnya.

(azh/azh)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7410863/habiburokhman-pansel-capim-kpk-jangan-cuma-duduk-manis-menunggu
Tokoh





Graph