Bangka Tengah Intervensi Serentak Guna Cegah Stunting

  • 27 Juni 2024 00:34:34
  • Views: 2

BABEL - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan intervensi serentak untuk pencegahan kasus stunting serta meningkatkan kunjungan dan cakupan sasaran ke posyandu.

"Melalui intervensi serentak kita berharap dapat mendeteksi dini masalah gizi dan memberikan edukasi pencegahanstuntingkepada seluruh sasaran serta bisa segera melakukan intervensi bagi yang memiliki masalah gizi," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Rabu.

Bupati meminta TPPS tetap fokus dalam intervensi serentak pencegahanstuntingmelalui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi, intervensi bagi seluruh ibu hamil dan balita secara berkelanjutan.

Angka prevalensistunting di Bangka Tengahpada 2023 tercatat 18,2 persen atau mengalami penurunan tiga persen dibanding 2022 dengan angka prevalensi 21,2 persen.

Baca Juga :

Dharma Wanita PAM Jaya Kembali Raih Penghargaan Bergerak Atasi Stunting dari Walikota Jakpus

"Ini merupakan capaian yang menggembirakan dan tidak lepas dari peran dan kerja sama semua pihak yang terus konsisten menekan laju prevalensistuntingdan kita targetkan angkanya bisa ditekan hingga 14 persen pada tahun ini," ujarnya.

Pemkab Bangka Tengah menentukan langkah-langkah strategis "10 Pasti" dalam pelaksanaan pencegahanstunting pada2024.

Langkah 10 pasti tersebut adalah memastikan pendataan catin, bumil, dan balita. Memastikan bumil, catin, dan balita ke posyandu, memastikan alat antropometri terstandartersedia di posyandu.

Kemudian memastikan seluruh kader posyandu memiliki keterampilan, memastikan penimbangan dan pengukuran menggunakan alat antropometri terstandar, memastikan intervensi pada bumil dan balita yang bermasalah gizi.

Selanjutnya memastikan seluruh catin, bumil, dan balita mendapat edukasi, memastikan pencatatan hasil penimbangan dan pengukuran ke E-PPGBM, memastikan melakukan monev terhadap intervensi serentak dan memastikan ketersediaan pembiayaan pelaksanaan intervensi serentak termasuk rujukan kasus ke fasyankes.

Baca Juga :

Perkuat Kolaborasi, Pemkab Jayapura Bentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting

"Saya berharap semua pihak terus berusaha dalam rangka percepatan penurunanstuntingdi Kabupaten Bangka Tengah," ujarnya.


Redaktur : -

Penulis : Antara, Alfred


Sumber: https://koran-jakarta.com/bangka-tengah-intervensi-serentak-guna-cegah-stunting?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

places KEPULAUAN BANGKA BELITUNG, PAPUA,
cities Bangka, Jayapura,
cases stunting,