Bandara Incheon Sempat Tutup Landasan Pacu karena Balon Sampah Kiriman Korut

  • 26 Juni 2024 19:02:07
  • Views: 3

SEOUL - Lepas landas dan pendaratan di bandara internasional Incheon Korea Selatan terganggu pada Rabu (26/6/2024) selama sekitar tiga jam sebelum fajar karena balon yang diluncurkan oleh Korea Utara berisi sampah.

Juru bicara bandara mengatakan satu balon mendarat di landasan dekat Terminal 2 penumpang dan tiga landasan pacu di Incheon ditutup sementara.

Korea Utara telah menerbangkan balon-balon yang membawa sampah ke Korea Selatan sejak akhir Mei lalu, dan ratusan balon mendarat di Korea Selatan.

Beberapa balon terlihat di dalam dan sekitar perbatasan bandara, kata juru bicara tersebut, seraya menambahkan bahwa ini bukan pertama kalinya operasi di bandara yang berjarak sekitar 40 km dari perbatasan Korea Utara, terganggu oleh balon-balon di dekatnya.

Perusahaan Bandara Internasional Incheon mengatakan gangguan terhadap penerbangan domestik dan internasional terjadi antara pukul 01.46 hingga 04.44, dan landasan pacu telah dibuka kembali sejak saat itu.

Volume penerbangan pada waktu tersebut biasanya rendah. FlightRadar24 menunjukkan delapan penerbangan kargo dan penumpang yang tiba dialihkan ke bandara Cheongju atau Jeju di Korea Selatan selama waktu tersebut, dan satu kapal kargo China Cargo dari Shanghai dialihkan ke Yantai, Tiongkok.

Dikutip Reuters, beberapa pendaratan lagi ditunda, dan keberangkatan ditunda beberapa jam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Korea Utara mengatakan bahwa balon-balon tersebut merupakan pembalasan atas kampanye propaganda para pembelot Korea Utara dan aktivis di Selatan yang secara teratur mengirimkan balon-balon yang membawa makanan, obat-obatan, uang dan selebaran yang mengkritik para pemimpin Korea Utara.

Korea Selatan mengatakan di antara barang-barang yang dibawa oleh balon-balon Korea Utara adalah barang-barang yang dicetak dengan karakter Hello Kitty, pakaian yang sudah usang, dan tanah yang mengandung jejak kotoran manusia dan parasite.

Militer Korea Selatan pada Rabu (26/6/2024) mengatakan sekitar 100 balon jatuh ke tanah antara Selasa dan Rabu, sebagian besar di ibu kota, Seoul, dan sekitar provinsi Gyeonggi. Kebanyakan dari mereka hanya membawa secarik kertas.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/06/26/18/3026461/bandara-incheon-sempat-tutup-landasan-pacu-karena-balon-sampah-kiriman-korut
Tokoh



Graph