Komisi I DPR Panggil Menkominfo dan BSSN Besok, Tuntut Penjelasan soal PDN Diserang

  • 26 Juni 2024 07:26:56
  • Views: 3

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan, pihaknya memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk datang ke DPR pada Kamis (27/6/2024) besok.

Meutya menyebut, DPR menuntut penjelasan kepada Kominfo dan BSSN terkait peretasan sistem pusat data nasional (PDN) yang membuat layanan publik lumpuh selama berjam-jam.

"Kita akan menanti penjelasan lanjutan, kemarin kan singkat ya dari pemerintah, lebih kepada press release. Jadi, Kamis insya Allah kita akan panggil, baik Kominfo dan juga BSSN," ujar Meutya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Baca juga: Belajar dari Peretasan PDN, Pemerintah Ingin Bangun Transformasi Digital yang Aman dan Kuat

Meutya mengaku pihaknya belum bisa berkomentar banyak perihal peretasan PDN ini.

Dia menyebut, DPR harus menunggu penjelasan lengkap dari pemerintah terlebih dahulu.

"Kalau dari (press release) kemarin kan kami belum bisa memutuskan juga langkah-langkah yang kita sarankan sebagai Komisi I apa ya. Kan kemarin press release-nya cukup singkat juga," tutur dia. 


Sementara itu, Meutya mengaku sudah menjalin komunikasi informal dengan Budi Arie.

Budi, kata Meutya, hanya memberi gambaran bahwa PDN Indonesia diserang.

"Informal komunikasi terus. Sesuai yang kemarin rilis itu. Bahwa ini ada serangan," ucap dia.

Baca juga: Penyerang PDN Minta Tebusan Rp 131 Miliar, Wamenkominfo: Kita Tidak Gampang Ditakut-takuti

Sistem PDN mengalami gangguan hingga membuat layanan keimigrasian di sejumlah bandara, termasuk Bandara Soekarno-Hatta, terganggu sejak Kamis (20/6/2024).

Pada Sabtu (22/6/2024), Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan sebelumnya mengungkapkan, sejumlah layanan terkait keimigrasian telah kembali beroperasi. Seperti, layanan paspor dan visa.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, Polri masih mengumpulkan data terkait adanya gangguan sistem PDN Kementerian Kominfo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2024/06/26/07265651/komisi-i-dpr-panggil-menkominfo-dan-bssn-besok-tuntut-penjelasan-soal-pdn
Tokoh















Graph