Polio Muncul di Klaten, Dinkes Gunungkidul Bersiap Gelar Vaksin Juli 2024

  • 26 Juni 2024 00:32:37
  • Views: 1

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul akan menggelar imunisasi polio pada Selasa, (23/7/2024). Imunisasi ini menyusul kasus polio yang muncul di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah beberapa bulan lalu.

Subkoor Surveilans dan Imunisasi Dinkes Gunungkidul, Sugondo mengatakan sasaran imunisasi polio yaitu mulai dari usia nol hingga kurang dari delapan tahun.

BACA JUGA : Jateng dan Jatim KLB Polio, Vaksin Polio di DIY Digelar Dua Putaran

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio akan digelar di desa-desa yang ada di delapan belas kapanewon di Gunungkidul. Para petugas berasal dari puskesmas, kader kesehatan, dan lintas sektor. PIN polio akan menggunakan vaksin polio tetes atau oral polio vaccine (OPV).

“Estimasi dari Pemerintah Pusat untuk sasaran imunisasi ada 72.000an. Sasaran polio terus berjalan, karena ada kelahiran baru kan,” kata Sugondo dihubungi Senin, (24/6).

Sebelumnya, Dinkes mencatat bahwa kasus polio di Klaten tidak berdampak terhadap masyarakat Gunungkidul, utamanya Kapanewon Gedangsari yang berbatasan dengan Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Adapun Gunungkidul juga bukan wilayah endemik polio. Capaian vaksin juga telah menyentuh angka 95% lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Sumber: https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2024/06/25/513/1179072/polio-muncul-di-klaten-dinkes-gunungkidul-bersiap-gelar-vaksin-juli-2024
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries Dinkes,
topics polio,
products vaksin,
places JAWA TENGAH, JAWA TIMUR,
cities Gunungkidul, Klaten,