BNPB Pastikan Tidak Ada Titik Api Baru di Gunung Batok Bromo

  • 25 Juni 2024 13:40:57
  • Views: 1

Jakarta: Kebakaran hutan kembali melanda kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), di area Gunung Batok, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Selasa, 18 Juni 2024. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menyebut 50 hektare lahan terbakar di kawasan tersebut. "Hari ini (Senin, 24 Juni 2024), tim gabungan melakukan patroli untuk memantau kondisi kebakaran dan memastikan tidak ada titik api baru yang muncul," terang Abdul, Jakarta, Senin, 24 Juni 2024. Dia menyampaikan evakuasi dan perlindungan warga sekitar lokasi telah dilakukan untuk memastikan keselamatan penduduk setempat. Tidak ada laporan korban jiwa akibat kebakaran. Adapun kondisi terkini, terang Abdul, masih terlihat kepulan asap di sisi barat Gunung Batok, namun api sudah mulai dikendalikan. Selain itu, tidak terpantau titik panas di website SiPongi untuk wilayah Gunung Batok yang menandakan api mulai mereda. "Cuaca di lokasi saat ini cerah, mendukung upaya pemadaman dan pemantauan," ucap dia.   Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, kebakaran melanda beberapa wilayah di Desa Mororejo, Podokoyo dan Dusun Kandangsari sekitar pukul 17.30 WIB, Selasa 18 Juni 2024. Api dengan cepat menyebar di area hutan yang kering karena musim kemarau yang berkepanjangan. Pihak berwajib masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti dari kebakaran apakah akibat faktor alam atau ulah manusia. BPBD Kabupaten Pasuruan telah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan kebakaran. Tim gabungan melanjutkan proses pemadaman dan pembasahan menggunakan alat gepyok dan jetshooter. "BNPB mengimbau kepada masyarakat setempat untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran, seperti membakar sampah atau melakukan aktivitas dengan api terbuka di area hutan," ujar dia.

Jakarta: Kebakaran hutan kembali melanda kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), di area Gunung Batok, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Selasa, 18 Juni 2024. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menyebut 50 hektare lahan terbakar di kawasan tersebut.
 
"Hari ini (Senin, 24 Juni 2024), tim gabungan melakukan patroli untuk memantau kondisi kebakaran dan memastikan tidak ada titik api baru yang muncul," terang Abdul, Jakarta, Senin, 24 Juni 2024.
 
Dia menyampaikan evakuasi dan perlindungan warga sekitar lokasi telah dilakukan untuk memastikan keselamatan penduduk setempat. Tidak ada laporan korban jiwa akibat kebakaran.
Adapun kondisi terkini, terang Abdul, masih terlihat kepulan asap di sisi barat Gunung Batok, namun api sudah mulai dikendalikan. Selain itu, tidak terpantau titik panas di website SiPongi untuk wilayah Gunung Batok yang menandakan api mulai mereda.
 
"Cuaca di lokasi saat ini cerah, mendukung upaya pemadaman dan pemantauan," ucap dia.
 
Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, kebakaran melanda beberapa wilayah di Desa Mororejo, Podokoyo dan Dusun Kandangsari sekitar pukul 17.30 WIB, Selasa 18 Juni 2024.
 
Api dengan cepat menyebar di area hutan yang kering karena musim kemarau yang berkepanjangan. Pihak berwajib masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti dari kebakaran apakah akibat faktor alam atau ulah manusia.
 
BPBD Kabupaten Pasuruan telah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan kebakaran. Tim gabungan melanjutkan proses pemadaman dan pembasahan menggunakan alat gepyok dan jetshooter.
 
"BNPB mengimbau kepada masyarakat setempat untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran, seperti membakar sampah atau melakukan aktivitas dengan api terbuka di area hutan," ujar dia.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(AZF)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/ob3ZgloN-bnpb-pastikan-tidak-ada-titik-api-baru-di-gunung-batok-bromo
Tokoh



Graph

Extracted

persons Abdul Muhari,
companies Google,
ministries BNPB, BPBD,
organizations API,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Gunung, Pasuruan,
cases kebakaran,