Surya Paloh Sebut Nama Bobby Nasution Saat Bahas Pilkada Sumut, Sinyal Dukungan dari NasDem?

  • 25 Juni 2024 13:35:20
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menyebut nama Wali Kota Medan Bobby Nasution saat membahas Pilkada Sumatera Utara (Sumut) 2024. Apakah artinya ada sinyal dukungan dari NasDem untuk menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut?

Ketika ditanya terkait calon gubernur (cagub) yang akan diusung NasDem untuk Pilkada Sumut, Surya Paloh tak ragu menyebut nama Bobby. Bahkan, Paloh juga mempersiapkan nama calon wakil gubernur usungan mereka untuk jadi pendamping Bobby.

"Ada kan, Bobby kan," kata Surya Paloh di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 24 Juni 2024.

"Pokoknya cari siapa (sosok) yang paling baik (untuk Bobby), jalan saja kan," ujar dia lagi.

Namun demikian, Paloh memastikan pihaknya akan mempersilakan Bobby untuk menentukan sosok wakilnya sebagaimana kehendak yang bersangkutan.

Di kesempatan serupa, Paloh menjelaskan pertimbangan NasDem saat memilih sosok yang hendak diusung. Ada dua faktor, kata Paloh, di antaranya, faktor kapabilitas atau kemampuan serta faktor elektabilitas atau tingkat keterpilihan.

Menurutnya, NasDem tidak selalu mengedepankan kader sendiri untuk diusung maju Pilkada. Mau internal ataupun eksternal, ia memastikan partai-nya akan mencari sosok terbaik, termasuk bagi calon pemimpin Jakarta 5 tahun ke depan.

"Di sana ada dua hal yang selalu jadi referensi bagi NasDem untuk menempatkan pilihan akhirnya, definitif-nya, satu faktor elektabilitas, kedua ya kapabilitas," ujarnya.

Baca Juga: Pusat Data Nasional Diserang Ransomware 'Braincipher', Pelaku Minta Tebusan Rp131 Miliar

Ada Bocoran Soal Wakil Bobby Nasution di Sumut?

Partai Golkar resmi mengusung Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara (Sumut) 2024, sebagai Calon Gubernur (Cagub). Siapa nama yang dipilih Golkar untuk berdampingan dengan Bobby?

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto resmi menyerahkan surat dukungan tersebut didampingi Wakil Ketua Umum Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia.

Surat diserahkan secara seremonial ketika Bobby berkunjung ke kediaman Airlangga Hartarto di Jakarta, Rabu, 19 Juni 2024.

"Dukungan ini terus masih satu nama, calon gubernur, dan nanti akan dilengkapi menjadi pasangan, tentu pasangan yang akan dipilih oleh Pak Bobby," kata Airlangga, dikutip dari Antara, Rabu, 19 Juni 2024.

Dalam konferensi pers bersama Bobby Nasution serta petinggi Partai Golkar itu, Airlangga mengungkap bahwa Bobby untuk Sumatera Utara telah mengantongi dukungan dari lima partai politik, termasuk Golkar dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Setelah ini, bulatlah keputusan Partai Golkar memajukan Bobby di Sumatera Utara. Airlangga mengaku percaya diri, mengklaim Golkar unggul bila disandarkan pada hasil survei terkini.

Adapun, nama Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara, Musa Rajekshah yang sebelumnya digadang-gadang hendak maju sebagai Cagub Sumut, Airlangga memastikan ia bakal fokus di DPR RI. Baginya, Ijeck punya ceruk suara lumayan besar dalam Pemilu Legislatif 2024.

"Selanjutnya karirnya (Ijeck) saya akan perhatikan," kata Airlangga. ***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018246096/surya-paloh-sebut-nama-bobby-nasution-saat-bahas-pilkada-sumut-sinyal-dukungan-dari-nasdem?page=all
Tokoh













Graph