Respons Jubir Anies soal Opsi Jadi Kader atau Wakil dari PKS di Pilkada Jakarta

  • 25 Juni 2024 06:32:01
  • Views: 2

Jakarta -

PKS memberikan dua opsi ke mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jika ingin diusung partainya yakni menjadi kader atau calon wakil gubernur (cawagub) harus dari PKS. Juru bicara (Jubir) Anies Baswedan, Sahrin Hamid menghargai setiap mekanisme internal partai masing-masing.

"Bahwa kami menghargai proses dan mekanisme internal masing-masing partai. Sehingga keputusan partai tentunya telah mempertimbangkan banyak aspek dari sisi kepentingan warga Jakarta maupun dari sisi partai politik," kata Sahrin kepada wartawan, Senin (24/6/2024).

Sahrin menerangkan kalau Anies memiliki hubungan baik dengan partai politik mana pun. Sahrin enggan menjawab spesifik soal opsi yang diberikan PKS, ia menyebut yang terpenting saat ini kebutuhan masyarakat Jakarta.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pak Anies memiliki hubungan baik dengan partai-partai. Sehingga kedekatan Pak Anies dengan partai lain sama dengan partai lainnya," kata Sahrin.

"Sehingga hal yang terpenting adalah bagaimana mengembalikan persoalan-persoalan yang saat ini dihadapi oleh Warga Jakarta agar dapat kembali seperti sebelumnya saat Gubernur Anies bertugas. KJP plus, KJM, bantuan untuk lansia dan lain-lain diterima kembali oleh Warga Jakarta," lanjutnya.

PKS Beri Opsi ke Anies

Sebelumnya, Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal mengatakan DPP telah mengusulkan nama Sohibul Iman sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Namun, Iqbal memberikan dua opsi bagi Anies Baswedan jika ingin diusung oleh partai pemenang pileg di Provinsi Jakarta ini.

"PKS memberi pilihan ke Anies, masuk menjadi kader atau wakilnya dari PKS," kata Iqbal dikonfimasi, Senin (24/6).

Iqbal menyebut PKS siap untuk mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro Partai, Sohibul Iman, menjadi pasangan Anies Baswedan. Hal itu akan menjadi bahan pertimbangan.

" Sohibul Iman siap dipasangkan dengan Anies," ucapnya.

Di sisi lain, Iqbal menyampaikan PKS tak bisa mengusung paslon gubernur dan wagub Jakarta sendiri sehingga perlu berkoalisi dengan parpol lain. Karena itu, jika Anies mendapatkan dukungan parpol maka Sohibul pun siap menjadi cawagubnya.

"Karena PKS nggak bisa mengusung sendiri, kurang 4 kursi. Saat ini PKS memiliki 18 kursi, sementara untuk maju (harus) 22 kursi," terangnya.

"Kalau Pak Anies nggak berkenan maju Sohibul Iman disiapkan sebagai calon gubernur, kalau Anies dapat dukungan partai dan maju, Sohibul iman siap jadi calon wakil Gubernur," imbuhnya.

(whn/eva)
Sumber: https://news.detik.com/pemilu/d-7406964/respons-jubir-anies-soal-opsi-jadi-kader-atau-wakil-dari-pks-di-pilkada-jakarta
Tokoh







Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Muhammad Iqbal, Sohibul Iman,
parties PKS,
events Pilkada Serentak,
places DKI Jakarta,