Partai Anti-Islam Jerman Disebut Mau Bikin Faksi Pro-Rusia di Parlemen Eropa

  • 25 Juni 2024 02:20:48
  • Views: 2

BERLIN, iNews.id - Partai Alternatif untuk Jerman (AfD) yang berhaluan kanan radikal berencana membentuk faksi yang dinamai Sovereignists di Parlemen Eropa. Lewat faksi tersebut, AfD menuntut untum diakhirinya birokrasi Uni Eropa (UE) dan negosiasi perdamaian dengan Rusia.

Kabar itu terungkap lewat laporan surat kabar Jerman, Der Spiegel, dengan mengutip sejumlah sumber. Dikatakan bahwa partai anti-Islam itu bermaksud mengadakan pertemuan konstituen dari faksi Sovereignists di salah satu ruangan Parlemen Eropa pada Kamis (27/6/2024) nanti. 

Baca Juga

Mantan Presiden Prancis: Kekuasaan Macron sudah Tamat

Bocoran email dari salah satu anggota AfD menyebutkan, untuk membentuk faksi baru itu, AfD memerlukan 23 anggota parlemen dari tujuh negara. Sementara AfD sendiri hanya memiliki 15 kursi di Parlemen Eropa, kata Der Spiegel.

Deklarasi Sofia yang dibuat oleh partai politik sayap kanan Bulgaria, Revival, yang bertujuan melawan kediktatoran birokrasi Uni Eropa dan ditandatangani oleh banyak partai sayap kanan Eropa, diharapkan menjadi dokumen kunci bagi pembentukan faksi Sovereignists. Deklarasi tersebut juga menuntut perundingan perdamaian dengan Rusia.

Baca Juga

Demi Jadi PM Belanda, Politikus Anti-Islam Geert Wilders Cabut Proposal Pelarangan Masjid

Jika jadi terbentuk, faksi itu mungkin bakal menyatukan partai-partai sayap kanan seperti SOS Rumania, Se Acabo La Fiesta dari Spanyol, Gerakan Patriotik Demokratik dari Yunani, Konfederasi Kebebasan dan Kemerdekaan dari Polandia, Gerakan Republik dari Slovakia, serta Partai Mi Hazank di Hongaria, tambah surat kabar itu.

Hasil pemilu Parlemen Eropa menunjukkan bahwa di banyak negara anggota UE, kinerja partai-partai sayap kanan memperoleh capaian yang mengejutkan. Partai sayap kanan Prancis, National Rally, muncul sebagai pemenang dalam pemilu Parlemen Eropa di Prancis, dengan perolehan 15 poin persentase lebih unggul dari koalisi tengah Presiden Emmanuel Macron. 

Baca Juga

Politikus Anti-Islam Belanda Geert Wilders Frustrasi, Menang Pemilu tapi Sulit Jadi Perdana Menteri

Berikutnya, partai sayap kanan FPO yang populis juga menduduki puncak daftar perolehan kursi di Austria. Sementara hasil Pemilu Eropa di Jerman menempatkan Partai Sosial Demokrat yang berkuasa di urutan ketiga. Aliansi oposisi sayap kanan tengah CDU/CSU memenangkan pemilu dengan 30 persen suara, disusul oleh AfD, yang memperoleh 16 persen suara.

Editor : Ahmad Islamy Jamil


Sumber: https://www.inews.id/news/internasional/partai-anti-islam-jerman-disebut-mau-bikin-faksi-pro-rusia-di-parlemen-eropa
Tokoh



Graph

Extracted

persons Emmanuel Macron,
religions Islam,
parties Demokrat,
nations Austria, Belanda, Bulgaria, Hongaria, Jerman, Polandia, Prancis, Rusia, Spanyol, Uni Eropa, Yunani,
cities Berlin,