Petugas Haji Indonesia Dikritik Karena Asyik Shoping, Said Didu: Sangat Sulit Mengharapkan Pelayanan Petugas Haji

  • 25 Juni 2024 01:25:29
  • Views: 2

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Petugas haji Indonesia menuai kritik, mereka disebut asyik shoping ketimbang mengurusi jemaah haji. Hal itu pun ditanggapi Muhammad Said Didu.

Eks Sekretaris Badan Usaha Milik Negara itu mengatakan memang sulit mengharapkan petugas haji di Indonesia. Untuk bisa melayani jemaah haji.

“Sangat sulit mengharapkan pelayanan dari petugas haji,” ungkapnya dikutip fajar.co.id dari unggahannya di X, Senin (24/6/2024).

Didu menyebut, ada sejumlah faktor yang memengaruhinya. Salah satunya karena para petugas haji merupakan orang terdekat tokoh di daerah.

“Karena rata-rata yang ditunjuk jadi petugas haji adalah tokoh atau keluarga tokoh di daerah,” ucapnya.

Menurutnya, itu berimplikasi pada bagaimana mereka mengurusi jemaah haji. Karena status sosial mereka lebih tinggi dari kebanyakan jemaah.

“Status sosialnya sangat jauh lebih tinggi dari status sosial jemaah yang akan dilayani,” ujarnya.

Adapun kritik sebelumnya disampaikan Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI terhadap petugas jemaah hahi di Madinah. Itu diungkapkan saat evaluasi penyelenggaraan haji 2024 dengan Kementerian Agama (Kemenag) yang digelar di Kantor Daerah Kerja (Daker) Madinah, Jumat (21/6/2024).

Anggota Timwas Haji DPR sekaligus Anggota Komisi VIII DPR Fraksi PDIP, Selly Andriany Gantina, mengungkapkan bahwa sejumlah petugas haji terlihat asyik berbelanja di toko-toko sekitar Masjid Nabawi, alih-alih melayani jemaah haji. 

"Mohon maaf nih Pak Dirjen (Dirjen PHU Helmi Latief), pada saat bubar salat Jumat kami melihat petugas haji Indonesia yang harusnya bertugas di depan pintu Masjid Nabawi, mereka malah asyik di dalam toko untuk beli, belanja," ucap Selly.
(Arya/Fajar)


Sumber: https://fajar.co.id/2024/06/24/petugas-haji-indonesia-dikritik-karena-asyik-shoping-said-didu-sangat-sulit-mengharapkan-pelayanan-petugas-haji/?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Said Didu,
ministries DPR RI, Fraksi PDIP, Kemenag, Komisi VIII DPR,
parties PDIP,
topics haji, Penyelenggaraan Haji,
events salat Jumat,
fasums Masjid Nabawi,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Madinah,