Mengejutkan! Rekaman Drone Tunjukkan TPS Terbesar di Dunia, Ukurannya 2 Kali Wilayah Texas

  • 24 Juni 2024 16:04:35
  • Views: 1

TEXAS - Gambar-gambar dari rekaman drone secara mengejutkan memperlihatkan tempat pembuangan sampah (TPS) terbesar di dunia seukuran dua kali ukuran Texas.

Great Pacific Garbage Patch terbentang seluas 620.000 mil persegi, dengan sebagian besar sampah berasal dari Tiongkok, Jepang, Korea, dan Amerika.

TPS ini terdiri dari 100.000 metrik ton segala sesuatu mulai dari lemari es yang dibuang hingga mainan anak-anak. Lokasi TPS terlihat penuh dengan jamur.

Tumpukan sampah akuatik ini pertama kali terdeteksi 1.200 mil sebelah barat California pada tahun 1997, dan sejak itu menyebar ke seluruh lautan dan mengancam kehidupan laut sekaligus melepaskan mikroplastik beracun ke atmosfer.

Namun, sejak tahun 2019, organisasi nirlaba Ocean Cleanup telah menjalankan misi untuk mengubah hal ini melalui proyek senilai USD189 juta yang bertujuan untuk menaklukkan pelampung buatan selama 10 tahun ke depan.

“Kami akan mengeluarkannya dari laut selagi kami masih bisa,” kata kepala urusan lingkungan dan sosial badan amal tersebut, Matthias Egger, kepada Daily Mail.

“Sebenarnya apa yang kami lakukan adalah mencegah bom waktu ekologis,” terangnya.

Egger mengatakan Ocean Cleanup diimpikan oleh penyelam scuba Boyan Slat beberapa tahun lalu, yang mendirikan organisasi nirlaba tersebut setelah merasa frustrasi karena menemukan lebih banyak plastik daripada ikan di perairan Mediterania yang indah.

Mereka memulainya dengan tumpukan sampah pertama yang ditularkan melalui air, yang dikenal sebagai Great Pacific Garbage Patch.

Pada tahun-tahun awal, mereka fokus pada pengembangan teknologi inovatif yang dapat membersihkan area seluas lapangan sepak bola setiap lima detik.

Mesin yang dikenal dengan nama System 3, yang dijuluki 'Josh' oleh pengembangnya, mengeluarkan benda asing dari laut tanpa membahayakan biota laut alami yang berenang di area yang sama.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Mesin System 3, yang berukuran 1,4 mil, menyalurkan semua plastik ke dalam tas besar,” kata Egger.

Ketika ditanya bagaimana mesin tersebut mampu mengais sampah di lautan dan tidak melukai ikan-ikan kecil, Egger menambahkan: 'Itulah bagian yang menantang.

“Saat kami mengembangkan mesin versi pertama, kami bertanya kepada para nelayan: "Jika Anda ingin memproduksi jaring ikan terburuk, bagaimana Anda akan melakukannya?,” lanjutnya.

Egger menjelaskan, sistem tersebut dirancang untuk memiliki jalur keluar yang luas bagi biota laut yang dapat berenang ke dasar, tanpa kehilangan satu pun plastik yang cenderung mengapung ke atas.

Dia menambahkan bahwa alat tersebut juga diprogram untuk mengeluarkan suara yang dapat mengusir kehidupan laut termasuk lumba-lumba dan paus sehingga mereka tidak terancam mendekat.

“Bahkan jika seekor hewan masuk ke dalam sistem, masih ada lubang dan ia dapat bernapas sebelum menemukan jalan keluar,” katanya.

Egger menambahkan bahwa tim menggunakan 'prakiraan plastik' setiap hari untuk menentukan di mana 'titik panas' berdasarkan pergerakan laut dan kondisi cuaca.

Ia mengatakan bahwa 80 persen sampahnya adalah peralatan penangkapan ikan yang dibuang dari negara-negara maju, kebanyakan dari Tiongkok, Korea, Jepang, dan Amerika.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/06/24/18/3025446/mengejutkan-rekaman-drone-tunjukkan-tps-terbesar-di-dunia-ukurannya-2-kali-wilayah-texas
Tokoh

Graph

Extracted

companies Daily Mail, Google, WhatsApp,
topics jamur,
nations Amerika Serikat, Jepang, Republik Rakyat Cina,
cities California, Tiongkok,