Awal Pekan, Beberapa Wilayah Jatim Masih Berpotensi Turun Hujan

  • 24 Juni 2024 07:04:42
  • Views: 2

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan sebagian wilayah Jawa Timur (Jatim) berpotensi hujan pada awal pekan ini, Senin (24/6/2024).

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan diprakirakan hanya akan mengguyur beberapa wilayah pada siang hingga sore, dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

“Siang hingga sore, hujan akan mengguyur wilayah Kabupaten/Kota Probolinggo, Lumajang, Batu, Jember, Kabupaten Blitar, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Pasuruan,” tulis BMKG Juanda.

Sementara untuk wilayah lain seperti Surabaya, Sidoarjo, Ngawi, Tuban, Malang, hingga Pulau Madura diprakirkan tidak berpotensi turun hujan pada awal pekan ini.

Suhu udara mencapai 15 hingga 34 derajat celcius hari ini, dengan kelembapan udara 45-95 persen. Angin dominan berhembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan lima sampai 30 km per jam.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirkan adanya potensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah perairan Jatim, meski secara umum kondisinya berawan.

Arah angin didominasi dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 23 knots (43 km per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 24 knot (44 km per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.5 meter. (bil)


Sumber: https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2024/awal-pekan-beberapa-wilayah-jatim-masih-berpotensi-turun-hujan/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Hindia,
ministries BMKG,
places JAWA TIMUR,
cities Blitar, Jember, Lumajang, Madura, Malang, Mojokerto, Ngawi, Pasuruan, Probolinggo, Sidoarjo, Surabaya, Tuban,