DPR: Gangguan PDN perlu jadi momen pemerintah buat turunan UU PDP

  • 24 Juni 2024 16:56:43
  • Views: 2

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan bahwa terjadinya gangguan pada sistem Pusat Data Nasional (PDN) perlu menjadi momen bagi pemerintah untuk segera membentuk aturan turunan dari Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.

Menurutnya, UU PDP sudah mewajibkan agar pihak yang menjadi pengelola data memiliki tingkat keamanan tertentu. Namun, peraturan turunan dari undang-undang tersebut belum dikeluarkan pemerintah.


"Karena tentu undang-undang harus ada turunan peraturan pelaksana, itu belum ada," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan adanya gangguan pada sistem PDN itu menjadi refleksi bahwa sistem keamanan siber harus ditingkatkan. Selain penguatan sistem, pentingnya keamanan siber juga harus dipahami dan disadari para pemangku kebijakan.

"Jadi, kalau kita tidak punya pemahaman betapa bahayanya sebuah serangan dan ini kemungkinan adalah serangan ya, itu membuat kita tidak menjaga dengan baik," katanya.

. Komisi I DPR: Pemerintah sudah atasi gangguan PDN, tapi belum sempurna

Untuk itu, menurut Meutya, semua lembaga perlu meningkatkan keamanan sibernya, terutama bagi lembaga-lembaga yang menghimpun data.

Menurutnya, masyarakat tidak ingin layanan terganggu jika ada suatu serangan siber yang menyebabkan gangguan sistem.

"Ketika ada serangan sistem down itu satu, layanan akan terganggu. yang kedua juga potensi kebocoran data," katanya.

Sebelumnya, pada Sabtu (22/6), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengatakan pemerintah masih terus memperbaiki dan mendalami permasalahan terkait gangguan pada sistem Pusat Data Nasional (PDN) yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Ia mengatakan sebuah peralatan pasti memiliki kelemahan. Oleh karena itu, pemerintah juga melakukan antisipasi agar gangguan tidak terjadi kembali dan data pemerintah maupun masyarakat pun terlindungi.

. Kapolri: Gangguan sistem PDNS sedang didalami bersama BSSN
. Menkopolhukam: Pemerintah terus perbaiki gangguan pada PDN

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024


Sumber: https://www.antaranews.com/berita/4165764/dpr-gangguan-pdn-perlu-jadi-momen-pemerintah-buat-turunan-uu-pdp
Tokoh





Graph

Extracted

persons Hadi Tjahjanto, Meutya Hafid,
ministries BSSN, DPR RI, Komisi I DPR,
topics kebocoran data,
places DKI Jakarta,
cases PDP, serangan siber,