PDNS Kominfo yang Lumpuh Sudah Pulih? Budi Arie Pastikan Bandara Soetta Normal Lagi

  • 24 Juni 2024 07:52:31
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pastikan sistem keimigrasian kembali berjalan dengan normal sebagaimana semestinya, usai sempat alami gangguan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.

Sistem terpantau sudah lancar di layanan autogate Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), baik di bagian kedatangan maupun keberangkatan internasional, sejak Minggu, 23 Juni 2024. Hal ini ditegaskan pula oleh Budi Arie lewat keterangan terbarunya.

"Baik kedatangan international sudah lancar dan keberangkatan international sudah normal. Autogate sudah dapat digunakan," kata Menteri Budi Arie, Minggu, 23 Juni 2024 malam.

"Jadi, (sudah) tidak ada antrian menumpuk seperti sebelum-sebelumnya," ujar Budi lagi.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan telah melaporkan bahwa layanan keimigrasian sudah dipulihkan. Prosesnya dikerjakan oleh Ditjen Imigrasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Untuk sistem layanan lainnya, saat ini masih terus dilakukan upaya pemulihan dan langkah mitigasi untuk mencegah dampak yang lebih luas. Penanganan dilakukan dengan menetapkan skala prioritas untuk mempertahankan layanan publik yang optimal," kata Semuel.

Usai layanan imigrasi berangsur pulih, Kemenkominfo memastikan pihaknya terus berupaya mempertahankan terjaganya sistem PDNS 2 melalui kerja sama dengan lembaga dan instansi lain, di antaranya, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), PT.Telkom, serta Polri.

"Kami juga terus berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah strategis dan cepat demi kepentingan masyarakat luas," tutur Semuel.

Baca Juga: Sidang Praperadilan Pegi Setiawan Kasus Vina Hari Ini, PN Bandung Siapkan Pengamanan Ketat

PDN Mati, karena Serangan Siber?

Server Pusat Data Nasional (PDN) yang dikelola Kominfo mendadak mati dan lumpuh. server PDN yang terpusat di Kemkominfo mengalami gangguan selama beberapa hari terakhir, tepatnya sejak Kamis, 20 Juni 2024.

Hal itu berdampak salah satunya pada layanan keimigrasian. Alhasil, antrean panjang calon penumpang di bandara internasional merugikan aktivitas dan mobilitas masyarakat.

Kominfo mengungkapkan permintaan maaf secara publik, dan tengah menyelidiki penyebabnya bersama Polri, BSSN, dan kementerian/lembaga terkait.

Terdapat beberapa kemungkinan hal ini dapat terjadi, antara lain karena gangguan pasokan listrik, kerusakan server, hingga gangguan koneksi internet seperti serangan siber DDoS atau Ransomware.

Namun, dalam keterangan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, ia tak mau buru-buru menyimpulkan matinya server PDN oleh Kementerian Kominfo itu disebabkan adanya serangan siber.

"Saya kira terkait dengan hal-hal yang bersifat serangan siber, kami bekerja sama dengan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) untuk melakukan semacam assessment, research. Nanti apabila ditemukan (penyebab), peristiwa pidananya akan diproses oleh pihak kepolisian," ujar Sigit di Jakarta Selatan, Sabtu, 22 Juni 2024.

Meski begitu, Sigit tak menjelaskan detail asesmen yang dilakukan bersama dengan BSSN. Ia hanya menyebut kerja sama dalam menangani serangan di dunia maya terus dijalin antara BSSN dengan Polri. ****


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018244200/pdns-kominfo-yang-lumpuh-sudah-pulih-budi-arie-pastikan-bandara-soetta-normal-lagi?page=all
Tokoh













Graph